NEWS

Mempelajari Pembuatan Tepung Tapioka, Pelajar SMAN 1 Pemali Bertandang ke PT BAA

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Untuk menambah pengetahuan tentang proses produksi tepung tapioka pelajar SMAN 1 Pemali, Rabu 11 Maret 2020, berkunjung ke PT Bangka Asindo Agri (BAA). Ini adqlah pabrik tepung tapioka yang berada di Kelurahan Kenanga.

Kedatangan para pelajar SMAN 1 Pemali, disambut Kepala Humas PT BAA, Sulaiman beserta Kepala Pabrik, Akon serta karyawan lainya.

Menurut Kepala Humas PT BAA Kenanga, Sulaiman, selama berada di pabrik tapioka, para pelajar diberikan informasi dan edukasi tentang usaha secara riil. Dimaksudkan agar bisa menambah pengalaman dan wawasan para pelajar.

Selama beberapa jam berada di pabrik, para pelajar diberikan edukasi dan diperkenankan langsung untuk melihat proses pembuatan tepung tapioka merek Gunung Pelawan. Proses pemanenan mulai dari kebun petani, pengelolaan hingga menjadi tepung tapioka, diperlihatkan kepada mereka.

“Sebelumnya juga ada SMA dari Sungailiat dan Pangkalpinang datang berkunjung. Kita terbuka silahkan saja kalau ada pelajar, masyarakat yang ingin berkunjung ke sini, rencananya akan kita buat Training Center, seperti di Lampung grup atau induknya PT. BAA ini, sudah ada Balai Latihan Kerja (BLK) bekerjasama dengan dinas tenaga kerja, bagi masyarakat bisa mengikuti latihan kerja, diberbagai skiil, hal tersebut bagian dari kepedulian perusahaan kepada masyarakat. Dan 95 persen, karyawan perusahaan itu berasal dari BLK,” tutur Sulaiman, panjang lebar.

Sultan selaku Ketua Study Lapangan SMAN 1 Pemali, sangat berterima kasih telah memberikan pengetahuan kepada anak didiknya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT. BAA telah bersedia menerima kami, melakukan study lapangan,” ujarnya.

Dikatakannya, setelah mendengar, mendapat penjelasan serta melihat langsung, banyak sekali pelajaran serta wawasan terkait bidang usaha terutama bidang pengelola tepung tapioka.

Lebih lanjut dikatakan Sultan, dirinya bangga terhadap keberadaan PT. BAA pabrik tepung tapioka di Bangka, karena selain menyerap lapangan kerja, juga menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Bangka.

Penulis Vera

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button