NEWS

Biar Banyak Digunakan, Gubernur Erzaldi Akan Siapkan Pergub Kendaraan Listrik

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman akan menyiapkan peraturan gubernur (Pergub) untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik. Pergub tersebut untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik agar banyak digunakan.

“Saya senang karena pasokan listrik di Bangka Belitung saat ini sudah cukup, bahkan surplus sehingga siap untuk melayani kebutuhan listrik bagi investor dan industri kendaraan listrik,” jelas Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Kamis, 12 Maret 2020.

Saat ini suplai kelistrikan di Pulau Bangka sebesar 186,3 mega watt (MW) dengan demand sebesar 156,6 MW.

Bahkan sebelumnya Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengatakan bahwa PLN mulai membangun kabel bawah laut Sumatera Selatan-Bangka yang diprediksi rampung pada pertengahan tahun 2021 mendatang. Artinya, jika kabel laut ini selesai maka akan ada tambahan suplai listrik hingga 400 MW.

Selain itu, Erzaldi mengungkapkan bahwa pasokan listrik ini akan cukup untuk melayani kebutuhan daya listrik kawasan ekonomi khusus (KEK) Sadai yang membutuhkan daya cukup besar.

Lebih dari itu, General Manager PLn UIW Babel, Abdul Mukhlis mengaku siap mendukung kebijakan tersebut.

“PLN siap mendorong penggunaan kendaraan listrik di Bangka Belitung, selain dari sisi kesiapan pasokan dan keandalan listrik, PLN juga menyiapkan stasiun penyediaan listrik umum (SPLU) di pasar-pasar, pusat keramaian dan kantor pemerintah,” ungkapnya.

Red | Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button