NEWS

Bareng Dharmansyah Husein, Yayasan Melayu Rantau Bagikan Tempat Cuci Tangan di Pasar Tradisional

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Sebagai bentuk preventif penyebaran virus corona Yayasan Melayu Rantau bersama dengan Anggota DPD RI Dharmansyah Husein membagikan alat cuci tangan portable serta penyemprotan disinfektan di Pasar Hata, Tanjungpandan, Rabu, 25 Maret 2020.

Dharmansyah mengatakan, penyemprotan dan pembagian alat cuci tangan portable ini merupakan bagian sosialisi guna pencegahan terhadap penyebaran virus covid-19 yang akhir-akhir ini semakin berkembang.

“Bisa dilihat penyebarannya virus ini sangat begitu cepat. Kita edukasi kan baik pedagang maupun pembeli untuk tidak menyepelekan ini. Pentingnya cuci tangan karena virus ini berkembang dari sentuhan tangan ke tangan,” ungkap mantan Bupati Belitung dua periode ini kepada sejumlah wartawan.

Anggota Komite IV DPD RI ini juga mengatakan sasarannya adalah toko-toko kelontong, pasar-pasar konvensional, bagian usaha UMKM dan bagian usaha yang sifatnya income harian.

“Kalau sektor ini kan paling rentan, Interaksi langsung. Istilahnya dagang sehari untuk makan sehari yang mana itu adalah sumber kehidupannya. Kalau tidak jualan kan tidak bisa makan,” kata Dharmansyah.

Secara terpisah, pendiri dan ketua Yayasan Melayu Rantau, Teguh Triwanda mengatakan total ada 50 alat cuci tangan portable yang siap dibagikan serta penyemprotan disinfektan.

“Kami akan melakukan rutin secara bertahap di empat pasar serta ruko-ruko yang ada di Tanjungpandan selama seminggu ini.” jelas Teguh kepada Lensabangkabelitung.com.

Dia juga berpesan kepada masyarakat yang hendak transaksi jual- beli di pasar baik itu pembeli maupun penjual untuk lebih dahulu cuci tangan sebelum menyentuh barang dagangan. “Karna cuci tangan di air itu paling efektif untuk menghilangkan virus sampe ke residu,” kata Teguh.

Penulis: Rizky | Editor: Donny

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button