NEWS

Mulkan : Jangan Bakar Lahan di Musim Kemarau

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka meminta masyarakat untuk menghentikan aktivitas pembakaran hutan dan lahan saat di musim kemarau.

Karena kondisi lingkungan yang diselimuti polusi kabut asap, dinilai sudah luar biasa cukup parah, sehingga Pemkab Bangka akan segera menyebarkan surat edaran melalui kepala desa, kelurahan dan camat, agar bisa memberikan pemahaman dan peringatan ke masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Bupati Bangka Mulkan mengaku kebiasaan membuka lahan dengan membakar dikalangan masyarakat masih sangat kental, karena dimanapun ada hutan dan lahan kosong, rata – rata menjadi sasaran pembakaran warga, baik disengaja maupun tidak disengaja.

“Kasus kebakaran hutan dan lahan ini terjadi hampir setiap hari, sehari itu bisa 3 sampai 4 lokasi terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Bangka, sehingga kita pun agak kewalahan mengatasinya, dengan keterbatasan personil dan perlengkapan, ini menjadi perhatian kota semua,” jelas Mulkan, Selasa (17/9/2019) di Sungailiat. 

Untuk mengantisipasi terus merebaknya kabut asap yang berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat, dikatakan Mulkan, pihaknya pun akan bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Babinsa dan TNI mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan juga diinstruksikan untuk segera turun ke lapangan mewaspadai terjadinya gangguan pernapasan atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), terutama bagi balita.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button