NEWS

KPU Bangka Tetapkan 35 Anggota DPRD Bangka dan Perolehan Kursi Parpol 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 35 Anggota DPRD Kabupaten Bangka terpilih ditetapkan menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bangka.

Penetapan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka dengan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan perolehan Kursi Partai Politik dan Calon anggota terpilih DPRD Kabupaten Bangka pada Pemilu tahun 2019, Selasa (13/8/2019) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat. 

Pada rapat pleno tersebut Devisi teknis KPU Bangka, Iman Supiar membacakan Hasil perolehan kursi dan daftar calon Anggota DPRD terpilih ditiap-tiap partai politik dari Dapil 1 sampai dengan Dapil 4 Kabupaten Bangka.

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M.Hasan menyampaikan Rapat Pleno terbuka ini merupakan kelanjutan dari penundaan beberapa waktu yang lalu. 

“Di karenakan adanya gugatan,yang mana Kabupaten Bangka termasuk dalam lokus gugatan dalam Provinsi Bangka Belitung (Babel),” ujarnya.

Menurutnya Rapat Pleno ini merupakan akhir atau puncaknya dari seluruh rangkaian proses tahapan penyelengara pemilu tahun 2019.

“Untuk jumlah anggota DPRD Kabupaten Bangka yang terpilih ada 35 orang Dewan dan ada juga beberapa Partai Politik yang tidak mendapatkan Kursi Dewan,” katanya.

Partai Politik yang paling banyak mendapatkan Kursi Dewan pada Pemilu 2019 adalah Partai PDIP.

“Partai PDIP sebanyak 7 Kursi dan disusul dengan Partai Gerindra dan Golkar masing-masing sebanyak 5 Kursi Dewan,” katanya.

Sesuai Undang-Undang bahwa Partai PDIP berhak menduduki posisi sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bangka. Sedangkan Partai Gerindra dan Golkar menjadi Wakilnya Ketua DPRD.

“Setelah Nama calon anggota DPRD Kabupaten Bangka yang terpilih ini ditetapkan,maka Kita akan usulkan ke Gubernur Babel melalui Bupati Bangka untuk diproses pelantikannya,” ungkapnya.

Ia berharap, agar Caleg ataupun anggota DPRD yang terpilih ini,dapat menjadi penyambung lidah aspirasi rakyak ke Pemerintah.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button