NEWS

BPOM Pantau Keamanan PJAS di Sekolah-Sekolah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Balai POM Pangkalpinang pada tahun 2019, secara nasional termasuk balai yang ada di Pangkalpinang melakukan bimbingan teknis terkait dengan  Keamanan Pangan Jajanan Anak sekolah (PJAS), pada sekolah- sekolah yang ada di Bangka Belitung, termasuk di Kabupaten Bangka ini.

Hermanto kepala BPOM Pangkal Pinang,  mengatakan selain mengharapkan adanya komitmen para kepala sekolah, menyiapkan, mengawasi keberadaan jajanan sekolah maupun yang ada di luar lingkungan sekolah secara mandiri.

“Kita juga meminta dibentuk Tim Keamanan Sekolah ini, dibentuk bersama-sama komunitas sekolah, yang terdiri dari kepala sekolah,  guru UKS, para orang tua, maupun komite sekolah, termasuk melibatkan beberapa anak murid kita, agar mereka juga nantinya jadi kader-kader keamanan di sekolah.

Dengan dibentuknya tim keamanan sekolah, dapat menjadi bahwa produk-produk dalam sekolah, maupun di lingkungan sekolah dalam kondisi aman, tidak membahayakan kesehatan, karena  apabila memberikan bahaya pada kesehatan, efeknya pada siswa akan jatuh sakit dan tidak bisa mencapai cita, cita. Begitu juga dengan bapak, ibu guru apabila sakit, tidak bisa mengajar sehingga kegiatan belajar menagjar jadi tergangu,” Jelas Hermanto kepada usai menghadiri acara  Bimtek Keamanan Pangan Jajanan Anak sekolah (PJAS), Hotel Novilla Sungailiat Kamis (1/8/2019).

Pihak BPOM Pangkalpinang akan memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang mimiliki komitmen menerapkan, keamanan pangan di sekolah.

“Kita akan beri reward secara nasional, dalam bentuk piagam bintang keamanan pangan, Kita beri reward dan ajak hadir di Jakarta, yang akan di serahkan lansung oleh ibu Badan Pangan Nasional,” kata Hermanto. 

Sementara itu,  Kepada Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Elius Gani, AP, sangat mengapresiasi terkait dengan akan dibentuk Tim Keamanan Sekolah, di setiap sekolah, yang bertugas  untuk mengawasi jajanan pangan di sekolah-sekolah.

Dikatakannya untuk kegiatan yang sifatnya, sosialisasi, edukasi memberikan penyuluhan, itu sangat penting bagi pihak-pihak sekolah. 

Karena sebagian besar anak-anak di sekolah, sarapan  setiap paginya, membeli jajanan yang ada di kantin sekolah, jadi pangan jajanan sekolah  tersebut harus bersih, sehat dan aman.

“Pangan yang aman yang sehat, bersih akan membuat anak-anak  terjaga juga kesehatannya sehingga bisa mengikuti aktivitas di sekolah, kami (Dinas Pangan-red), mengapresiasi di selenggarakannya kegiatan bimtek Keamanan Pangan Jajanan Anak sekolah (PJAS), dan akan dibentuknya Tim Keamanan Sekolah,” Elius Gani.

Penulis : Vera 

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button