NEWS

Harga Komoditi Pertanian dan Perkebunana Merosot akan Hambat Perekonomian

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sejumlah harga komoditi pertanian dan perkebunan di Kabupaten Bangka pada umumnya mengalami kemerosotan sehingga membuat banyak petani di daerah ini menjerit. 

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan pertumbuhan ekonomi dari bidang pertanian mengalami kemunduran sehingga memperlambat kemajuan perekonomian di daerah ini.

“Sektor ini harus dibenahi agar pertumbuhan ekonomi melalui sektor ini dapat berjalan sesuai harapan,” kata Mulkan saat menghadiri rapat paripurna pengesahan Raperda tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Bangka 2018 di gedung DPRD Bangka, Senin (8/7/2019) di gedung DPRD Bangka. 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani menjelaskan pihaknya akan berupaya keras meningkatkan sektor pertanian dan perkebunan yang ada di daerah ini. 

“Yang pastinya kita akan meningkatkan kinerja kita mulai dari ppl yang ada di daerah ini hingga kinerja dinas ini,” kata Kemas. 

Selain itu, pihaknya juga akan mengintensifikasi dan memanfaatkan lahan tidur yang ada di daerah ini untuk mendongkrak sektor pertanian dan perkebunan di daerah ini. 

“Kedepan, ppl kami akan lebih giat lagi dilapangan untuk mengajak masyarakat kita memanfaatkan lahan yang ada dan jangan sampai lahan ini tidur dan tidak dimanfaatkan,” katanya. 

Terkait dengan rendahnya nilai produksi komoditi seperti perkebunan kata Kemas itu disebabkan oleh harga pasar. 

“Tapi itu bukan kesenangan kami di dinas pertanian. Namun kami berupaya bagaimana komoditi ini menjadi andalan di kabupaten Bangka dengan berbagai cara seperti menggiatkan investasi,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button