NEWS

Angka Stanting Kabupaten Bangka Turun 14 Persen

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Angka stunting Kabupaten Bangka turun dari 32% menjadi 14%,hal tersebut terungkap saat kegiatan yang digelar Pemkab Bangka melalui Badan Perencana dan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada rapat penurunan dan pencegahan stunting,Senin (22/7/2019) di OR Bangka Bermartabat. 

Angka stunting Kabupaten Bangka turun dari angka 32% menjadi 14%.”ungkap Bupati Bangka yang diwakili Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Panbudi.

Dari pendataan mandiri , hasilnya 8,9% artinya Pemkab Bangka sudah keluar dari zona stunting Nasional , wilayah yang masuk dari zona stunting Nasional di angka 20%.

“Pengelolaan stunting d Pemkab Bangka masuk dalam kategori top 10 dengan baik,” jelasnya.

Menurut Panbudi mengenai persiapan stunting adalah urusan pengelolaan pernikahan, kehamilan , pengasuhan , urusan sanitasi lingkungan dari jamban dan air bersih.

Pengelolaan pernikahan tidak boleh ada pernikahan dini ,jika dipaksakan menikah terus hamil,kehamilannya tidak sempurna , masa depan anak-anak tidak sempurna kalau ada stunting , dari 33% artinya 1/3 balita stunting pendek karena kesalahan pengelolahan,” jelasnya.

Menurut penelitian 25% bayi meninggal karena diare , diare faktor utama sanitasi kurang bagus  dan jamban yang kurang bagus.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button