NEWS

Kembangkan Bakat dan Minat Olahraga Pemkab Bangka Gelar O2SN

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 176 atlit berlaga pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Bangka tahun 2019.

Ketua pelaksana Asep Setiawan Kepala Dinas Parawisata, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparpora) Kabupaten Bangka mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang olahraga. 

“Kegiatan ini untuk mengembangkan jiwa sportivitas,kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggungjawab,menumbuhkembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga. Dan keempat, sebagai ajang untuk kegiatan O2SN SD dan SMP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” Ungkap Asep,Senin (29/4/2019) di lapangan Bina Satria Sungailiat.

“ Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Bangka tahun 2019 adalah siswa-siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama/sederajat, utusan dari delapan Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bangka dengan rincian : jumlah atlit sebanyak 176 orang sedangkan official/pelatih sebanyak 40 orang,” ungkapnya

Diungkapnya lebih lanjut, untuk waktu pelaksanaan, kegiatan O2SN tingkat SD akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 29 April 2019 sampai dengan 30 April 2019 di Sungailiat sedangkan untuk kegaiatan O2SN tingkat SMP akan selama dua hari juga mulai tanggal 01 Mei 2019 sampai dengan 02 Mei 2019 di Sungailiat.

“ Kegiatan O2SN SD dan SMP tingkat Kabupaten Bangka tahun 2019 ini memperlombakan enam cabang olahraga yang terdiri dari seperti atletik di lapangan Bina Satria Sungiliat, bulu tangkis di GOR Orom Sungailiat, karate di aula SMAN 1 Sungailiat, pencak silat di aula SMKN 1 Sungailiat, renang di kolam renag Loka Tirta Sungailiat, dan senam di gedung Persani ex.gudang beras,” ujarnya

Ditambahkannya, adapun Sementara itu, Bupati Bangka yang diwakili Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Zulkarnain Idrus dalam kesempatan tersebut membuka secara resmi kegiatan tersebut dengan memukul gong secara simbolis.

“ Penyelenggaraan O2SN ini merupakan salah satu wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang olahraga,” katanya

Lebih lanjut dikatakannya, sebagaimana kita pahami bersama bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pencapaian kualitas akademik akan tetapi juga menyangkut aspek non akademis. Terkait O2SN, beliau mengatakan kegiatan O2SN ini merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlit berbakat dalam bidang olahraga, untuk dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlit daerah, sehingganantinya diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang olahraga baik ditingkat lokal, regional, Nasional maupun Internasional.

“ Saya berpesan kepada anak-anakku sekalian, bertandinglah dengan penuh semangat dan sportivitas, raihlah prestasi terbaik, tercepat, terkuat dan terindah. Kepada panitia pelaksana, para wasit dan juri serta seluruh peserta saya berharap jadikanlah event ini sebagai wadah yang baik jauh dari kecurangan dan keberpihakan, pelihara persatuan dan kesatuan, sehingga hasil yang kita dapatkan dari kegiatan ini murni dari seorang atlit itu sendiri,” pungkasnya

Tampak hadir pada kegiatan ini Forkominda Kabupaten Bangka, Sekretaris DPRD Kabupaten Bangka Andi Hudirman,  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman, serta tamu undangan lainnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button