NEWS

Mahasiswa Diminta Waspadai Politik Uang di Pemilu 2019

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bawaslu Kabupaten Bangka melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada mahasiswa di Bangka di Novilla Hotel Sungailiat, Senin (1/10/2018). Sosialisasi mengambil tema “Bersama Mahasiswa Mengawasi Tahapan Pemilu 2019 Menuju Pemilu yang Demokratis dan Berintegritas”.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Corri Ihsan mengatakan pihaknya terkait pengawasan partisipatif sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi seperti Stisipol Pahlawan 12 dan Universitas Bangka Belitung.

“Pemilu yang berintegritas jadi angan-angan kita semua. Peran mahasiswa diharapkan dan ada tindakan nyata dalam pengawasan pemilu,” harap Corri dalam sambutannya

Kegiatan ini, lanjut dia, merupakan program Bawaslu RI dalam rangka pengawasan partisipatif.

“Kami dari Bawaslu Bangka menyampaikan ada beberapa kegiatan yang akan kami laksanakan salah satunya kegiatan sosialisasi hari ini, “jelas Corri.

Dia berharap proses pelaksanaan Pemilu 2019 ada peran serta dari semua pihak dan pengawasan partisipatif melibatkan seluruh elemen masyarakat dari semua kalangan. 

“Jadi dari pemilih-pemilih pemula, pemilih milenial atau pemilih yang telah pernah memilih sebelumnya, pemilih dari kelompok masyarakat, LSM maupun kelompok lainnya, tentunya peran serta ini kita coba libatkan dalam Pemilu 2019,” jelasnya. 

Corri dalam kesempatan itu, turut mengingatkan kepada pemilih millenial untuk waspada terhadap politik uang atau money politik pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tanggal 17 April 2019 nanti.

Menurutnya, saat pileg dan pilpres sangat rentan terjadinya money politik, sehingga diharapkan ada peran serta semua lapisan masyarakat untuk ikut bersama-sama mengawasi pesta demokrasi.

“Harus waspada, money politik tidak lepas dari politik. Kami tidak tahu terjadinya money politik kecuali ada laporan dari masyarakat. Kami tahu dari tim-tim kami maupun relawan Bawaslu yang mendapat laporan dari masyarakat atau saat mereka ikut mengawasi,” ungkap Corri.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button