NEWS

Besok Pendaftaran CPNS Dibuka, Jangan Daftar Saat “Injury Time”

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka saat ini sudah mempersiapkan tim untuk menerima pendaftaran CPNS yang dijadwalkan dibuka Rabu besok sampai 10 Oktober 2018 secara online. 

Kepala BKPSDMD Kabupaten Bangka Surtam mengatakan untuk pendaftaran CPNS dilakukan secara online dan tidak ada lagi pengiriman berkas. Namun, jika ada yang kurang jelas pendaftar dapat bertanya ke BKPSDMD.

“Boleh datang untuk bertanya tetapi lebih lengkap melihatnya di website sscn itu langsung bisa lengkap,” kata Surtam kepada wartawan di Kantor Bupati Bangka, Selasa (25/9/2019).

Surtam menegaskan, yang menerima pendaftaran sebenarnya tim di Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena semuanya bersifat nasional sehingga kabupaten tidak ada intervensi.

“Paling-paling kami menghimbau kepada pelamar ini supaya mendaftar lebih awal, jangan injury time atau diakhir. Jadi jangan dua hari terakhir dari pendaftaran karena orang biasanya ramai jadi di awal-awal inilah,” ujarnya.

Namun, Surtam pun mewanti-wanti para pelamar agar berhati-hati dan jangan terlalu terburu-buru dengan melihat prosedur yang ada di web sscn. 

“Semuanya ada di situ langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Yang penting sekarang yang dipersiapkan adalah scan dokumen ijazah, transkrip nilai, KTP dan pas foto. Itu harus disiapkan semua sekarang jadi ketika kita sudah mulai membuka portal pendaftaran itu nggak usah mencari-cari lagi,” sarannya.

Untuk pelaksanaan tes, Surtam mengaku belum tahu dimana pelaksanaan tes akan digelar karena belum ada keputusan dari BKN.

“Sebetulnya secara lisan sudah mendapat persetujuan dari BKN regional VII pelaksanaan di SMKN 1 Sungailiat. Memang secara tertulisnya belum, tapi pelaksanaan tes nya kan masih cukup lama sekitar sebulan lagi. Jadi sambil menunggu itu kita tetap berkoordinasi dengan BKN, mudah-mudahan kita bisa lah karena prinsipnya BKN itu ingin mempermudah para pelamar,” katanya.

Selain mempersiapkan dokumen yang diminta sebagai syarat, lanjut Surtam, pelamar juga harus foto selfi jika pendaftaran selesai. Ini dilakukan untuk menghindari joki dan dengan demikian bisa diketahui bahwa orang yang mendaftar adalah orang yang sama saat mengikuti tes.

“Itu ada urutan tata cara pendaftaran di sscn, begitu kita sudah mengupload foto KTP segala macam, kita sudah punya akun, kita sudah bisa mendaftar dan sudah ada kartu pendaftaran, pelamar harus foto selfi dengan memegang kartu pendaftaran tersebut dan itu dikirim lagi, jangan sampai nanti yang mendaftar orang lain atau yang ikut ujian orang lain,” tambahnya. 

Surtam menambahkan, pihaknya tidak ada memberikan kesempatan khusus bagi putra daerah, karena siapa yang lulus itulah yang memenuhi kriteria.

Diakuinya, di Bangka Belitung ada sedikit pro kepada putra daerah yaitu di persyaratan dimana untuk orang yang lokal di dalam Provinsi Bangka Belitung IPK nya itu cukup 2,0 tetapi untuk yang dari luar Provinsi Bangka Belitung yang boleh mendaftar itu IPK nya 2,75.

“Itu sudah sepakat kita se-Provinsi Bangka Belitung. Itu menunjukkan bahwa kita pro kepada putra daerah sehingga putra daerah yang memang IPK nya rendah juga bisa ikut. Siapa tahu waktu kuliah mereka kurang cerdas dalam mengumpulkan IPK tapi setelah mereka lulus, mereka sekolah,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button