NEWS

Mahasiswa Stikes Abdi Nusa Pangkalpinang PBL di Bangka

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Stikes Abdi Nusa Pangkalpinang menyerahkan 41 orang mahasiswa yang akan mengikuti Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Kabupaten Bangka. PBL mahasiswa ini akan dilaksanakan di lima desa di wilayah Kecamatan Bakam meliputi Desa Bukit Layang, Mabat, Dalil, Tiang Tara dan Neknang selama satu bulan.

Penyerahan mahasiswa dilakukan Wakil Ketua I Stikes Abdi Nusa Pangkalpinang Taufikurahman dan diterima Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Zulkarnain Idrus di ruang Bangka Bermartabat Kantor Bupati Bangka, Rabu (1/8/2018).

Zulkarnain Idrus mengharapkan mahasiswa dapat melaksanakan PBL sesuai dengan arahan dosen pembimbing karena kegiatan yang dilakukan merupakan pengalaman yang luar biasa bagi seorang mahasiswa dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Keberadaan mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat merupakan pengalaman yang tidak terlupakan, dengan tetap dapat menjaga diri seperti pepatah mengatakan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,”kata Zulkarnain.

Dia juga meminta kepada para mahasiswa untuk menjadikan PBL sebagai pengalaman yang berharga, dengan tetap menjaga etika dan sopan santun sebagai teladan di masyarakat dengan menunjukkan dedikasi pengadian kepada masyarakat.

Menurut Zulkarnain, permasalahan kesehatan merupakan sesuatu yang perlu mendapatkan perhatian seiring banyaknya pengobatan yang dilakukan, termasuk mereka yang tidak memiliki pendidikan terkait dengan kesehatan seperti dokter, perawat, namun melakukan praktek pelayanan kkesehatan.

Fenomena ini juga perlu diberikan pencerahan oleh mahasiswa Stikes yang melakukan PBL di lima desa di Kecamatan Bakam kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak salah dalam memilih tempat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Wakil Ketua I Stikes Abdi Nusa Pangkalpinang Taufikurahman menjelaskan, kehadiran mahasiswa Stikes Abdi Nusa melakukan PBL untuk mengaplikasikan dan merumuskan pemasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat serta merenacanakan dan melaksanakan program kerja sebagai salah satu bentuk pengadian kepada masyarakat.

Selain itu untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan di lokasi tempat mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan, memotivasi masyarakat agar dapat hidup sehat, serta pembangunan sarana dan prasarana dan memberikan penyuluhan di posyandu diantaranya tentang pernikahan dini dan permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat.

“Stikes Abdi Nusa Pangkalpinang juga mengharapkan peran aktif masyarakat dalam mendukung kegiatan PBL mahasiswa,”harapnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button