NEWS

Dinkes Bangka Gelar Advokasi Implementasikan Germas

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka melaksanakan advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Hotel Manunggal Sungailiat, Kamis (2/8/2018). Kegiatan diikuti oleh 97 peserta yang terdiri dari perwakilan puskesmas, camat, kepala bidang dan seksi di lingkungan Dinkes Bangka.

Kepala Dinkes Bangka Then Suyanti mengatakan kegiatan advokasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh dinas dan OPD serta pemimpin untuk mengimplementasikan Germas di Kabupaten Bangka.

“Kegiatan ini untuk memberikan gambaran pelaksanaan Germas tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyampaikan Inpres nomor 1 tahun 2017, menyampaikan pedoman umum pelaksanaan Germas nomor 11 tahun 2017, serta pembentukan Germas Kabupaten Bangka,”terangnya. 

Menurut dia, faktor perilaku memiliki andil terhadap derajat kesehatan dan dampak dari perilaku terhadap derajat kesehatan cukup besar. Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk mengubah perilaku yang tidak sehat menjadi sehat.

Germas, katanya, merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Pelaksanaan Germas dimulai dari keluarga karena keluarga adalah bagian terkecil masyarakat yang membentuk kepribadian. Germas dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menjaga jamban sehat,”katanya.

Kegiatan Germas lanjut dia, dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Germas merupakan gerakan rasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. 

Dalam kehidupan sehari-hari, tambah dia, praktek hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental, mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

“Secara khusus germas diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan,”pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button