NEWS

Pesisir Pantai Sungailiat Tercemar Minyak Hitam

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kawasan pesisir Pantai Matras Sungailiat tercemar minyak berwarna hitam yang diduga berasal dari tumpahan kapal tanker.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Ridwan mengatakan, pencemaran tidak hanya terjadi di Pantai Matras. Tapi juga di beberapa titik pantai lainnya di wilayah Sungailiat.

“Minyak (berwarna) hitam itu diduga dari kapal tanker yang oleng dua bulan lalu, dan sampai sekarang masih terjebak di Perairan Rebo-Teluk Kelabat Sungailiat,” jelas Ridwan, di Sungailiat, Rabu (13/6/2018) malam.

Saat ini, tambahnya, kondisi pasir yang berwarna hitam di Pantai Matras dan sekitarnya memancing rasa penasaran warga. Sehingga banyak pengunjung yang datang sekadar melihat pasir di pesisir pantai tersebut.

Ia mengatakan, pencemaran yang terjadi dapat berdampak pada kehidupan biota laut. Menurutnya, ekosistem laut akan terganggu akibat tumpahan minyak di perairan tersebut. Sayangnya Ridwan belum bisa memastikan sejauh mana tingkat cemaran limbah minyak ini.

“Yang jelas tumpahan minyak hitam dari kapal tanker itu berimbas pada perairan kita. Populasi ikan dan hewan laut bisa saja mati karena minyak hitam tadi,” kata Ridwan tanpa menyebut langkah apa yang akan dilakukan HNSI Bangka terkait kondisi ini.

Ridwan berharap pihak terkait segera menelusuri serta mencari jalan keluar permasalahan ini. Dikuatirkan cemaran semakin meluas ke wilayah lain yang berdampak bagi kehidupan biota laut. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button