NEWS

Panwaslu : Bangka Minim Pelanggaran Pilkada

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Tahapan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Bangka diklaim minim tindak pelanggaran. Kalau pun ada hanya sedikit infnormasi saja yang disampaikan kepada Panwaslu.

“Bukannya tidak ada pelanggaran, hanya saja bentuk yang dimaknai oleh kami (bersifat) instruksi dan arahan dari Bawaslu (mengenai) semua hal yang terkait dengan pelanggaran,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka, Corrie Ihsan, di Sungailiat, Jum’at (08/06/2018).

Menurutnya, hal itu merupakan peran panwas dalam proses pencegahan di tahap awal lebih dulu. Melalui pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran maka pihaknya tidak perlu melakukan tindakan.

Corrie menuturkan, dalam tahapan terdapat informasi yang harus ditindaklanjuti oleh Panwaslu. Tapi karena tidak terpenuhi syarat materiilnya maka informasi tersebut tidak bisa naik dalam proses selanjutnya.

Salah satunya yang terjadi di Karya Makmur dan Puding Besar. Ketika laporan sudah disampaikan ke Panwaslu tapi saksi tidak hadir. Setelah melalui berbagai bahasan dan pertimbangan tidak bisa ditindaklanjuti karena tidak memenuhi unsur.

“Oleh kami dengan kejaksaan, kemudian dengan kepolisian menetapkan itu tidak bisa dinaikkan pidana pemilu,” jelas Corrie.

Ia bersyukur karena suhu politik menjelang pilkada di Bangka lebih kondusif dibandingkan daerah lainnya. Hal itu karena fungsi pencegahan dimaksimalkan.

“Mudah-mudahan ke depan seperti yang kita harapkan, pemilu berintegritas, hasilnya terpilih pemimpin yang juga berintegritas,” harapnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button