NEWS

Belasan TI Rajuk Hantam DAS di Jelitik

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Masyarakat dan nelayan Pelabuhan Sungailiat mengeluhkan aktivitas belasan unit Tambang Inkonvensional (TI) rajuk yang beroperasi di kawasan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Belasan unit Ti rajuk yang beroperasi di depan Kantor PPN Sungailiat itu menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) setempat menjadi dangkal dengan sedimentasi yang cukup parah.

“Itu (Tambang-red) memang ada dan aktivitasnya dari hulu ujung jembatan hingga depan kantor PPN ini,”kata Kepala PPN Sungailat, Tri Aris Wibowo saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/5/2018).

Menurut Tri, aktivitas Ti rajuk yang beroperasi menghantam aliran DAS pelabuhan itu merupakan masalah lama dan telah berulang kali dilakukan penertiban oleh kepolisian setempat lewat surat yang dilayangkan PPN.

Dia menilai para penambang seolah tidak peduli dengan pendangkalan DAS. Dia mengakui penambangan masih berjalan hingga saat ini. Pihaknya sudah menyurati aparat kepolisian setempat agar dilakukan penindakan. 

“Tapi untuk tahun ini, kita sudah kirim surat ke kapolres yang baru sekitar satu minggu yang lalu untuk ditindaklanjuti, “katanya.

Dia juga membenarkan jika aktivitas TI rajuk yang beroperasi di lokasi yang dimaksud menyebabkan sedimentasi terhadap alur muara Pelabuhan Sungailiat sehingga dikeluhkan nelayan setempat.

“Memang benar penambangan itu berdampak terhadap sedimentasi dan kontribusi alur pelabuhan,”katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button