NEWS

Bantu Masyarakat, Disperindag Bakal Gelar Pasar Murah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Bank Sumsel Babel, Bank Indonesia serta distributor akan menggelar pasar murah sembako. 

Pasar sembako murah ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pada bulan puasa Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1439 Hijriyah Rencananya pasar murah ini akan digelar di tiga kali di sejumlah lokasi di Kabupaten Bangka.

“Yang pertama 30 Mei di Taman Sari, yang kedua 2 Juni di depan rumah camat Belinyu dan yang ketiga 9 Juni 2018 di lapangan Taman Sari Sungailiat,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Thony Marza kepada wartawan di Masjid Agung Sungailiat, Kamis (24/5/2018).

Menurut Thony, harga sembako yang dijual nantinya adalah harga distributor, artinya harga dibawah harga pasar. Pasar murah ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat dan terbuka untuk umum. Sedangkan untuk langkah antisipasi jika ada pedagang yang membeli untuk dijual lagi, menurut Thony nanti akan dilakukan pengawasan.

“Kadang-kadang kami juga tidak terlalu tau yang mana penjual dan yang bukan, misal ada info bapak itu punya warung dan membeli 30 karung beras, nah itu akan kita cegah, karena pada prinsipnya ini untuk membantu masyarakat mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah,”kata Thony. 

Rencananya, lanjut Thony, ada sekitar 6-7 distributor yang akan berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah. Berbagai macam kebutuhan akan dijual kepada masyarakt, mulai dari beras, bawang, cabai, daging beku dan barang lainnya.

Sementara itu untuk masyarakat yang kurang mampu, ditambahkan Thony, akan dilaksanakan operasi pasar bersubsidi. Beberapa desa yang akan dijangkau sudah ditentukan dan pembeli adalah orang yang berhak menerima akan mendapatkan kupon dari desa setempat.

“Untuk penentuan calon penerima kupon pasar murah masih menunggu proses pembahasan. Sedangkan untuk total dana yang disiapkan pemerintah daerah sekitar 350 juta. Ada 2 kali penyaluran nantinya. Sasarannya adalah masyarakat yang berpenghasilan menengah kebawah. Mudah-mudahan ini akan kita laksanakan pada pertengahan bulan Ramadan,” terang Thony. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button