NEWS

Babel Bakal Punya Kampung Radio

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggagas pendirian Kampung Radio (radio village) dengan menggandeng LPP RRI Sungailiat. Langkah itu ditempuh sebagai upaya strategis penyampaian informasi kepada masyarakat melalui media radio.

Keberadaan Kampung Radio diharapkan mendorong lahirnya komunitas masyarakat potensial dan kreatif sekaligus sebagai opinion leader.

“Kita berharap akan terbentuk komunitas masyarakat di kampung tersebut yang memiliki potensi menjadi opinion leader, agen perubahan dan memiliki tim kreatif,” jelas Kepala LPP RRI Sungailiat, Harianto, di sela-sela kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Babel, Selasa (22/05/2018).

Ia berharap pembentukan ini mendapat dukungan banyak pihak, terutama Pemprov Babel melalui dinas kominfo. Sebab Kampung Radio akan menjadi ujung tombak dan penyambung lidah pemerintah dalam menyebarluaskan program dan kebijakan daerah. Sehingga dapat memberikan ruang kepada masyarakat luas untuk berinteraksi dengan pemerintah daerah.

Menurut Harianto, pemerintah daerah bertindak selaku fasilitator dalam menggerakkan Kampung Radio, dengan melibatkan seluruh sektor. Sedangkan masyarakat ikut berpartisipasi langsung untuk menjadi kontributor.

“Tujuannya supaya kebijakan di daerah dapat berjalan sesuai dengan harapan,” sebutnya.

Kepala Dinas Kominfo Babel, Dr Drs Sudarman MMSI menegaskan pemerintah provinsi akan bergerak cepat untuk merealisasikan Kampung Radio ini, melalui pembentukan susunan tim berdasarkan keputusan gubernur.

Bersama RRI Sungailiat, pihaknya segera menyusun kegiatan ini supaya terukur. Mereka juga akan melibatkan pihak BUMN, perbankan serta provider untuk mensukseskan pembentukan Kampung Radio. Langkah lainnya adalah penentuan tempat untuk dijadikan Kampung Radio.

“Akan ada tim gabungan RRI dan dinas kominfo yang akan mensurvei calon Kampung Radio. Setelah terbentuk, maka selanjutnya akan kita launching Kampung Radio di Bangka Belitung secara nasional,” kata Sudarman.

Melalui Kampung Radio, tambahnya, akan berdampak pada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan ketahahan informasi. Sekaligus berfungsi untuk menangkal berita yang bersifat hoax.

Terpisah, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengapresiasi inisiasi pendirian Kampung Radio sebagai garda peningkatan ketahanan informasi bagi warga Bangka Belitung.

“Di samping salah satu ikhtiar sebagai penangkal berita hoax, juga sebagai media untuk menginformasikan program serta kebijakan kepada masyarakat,” jelasnya.

Gubernur optimis keberadaan Kampung Radio nantinya memberikan manfaat besar bagi penyebarluasan informasi serta partisipasi masyarakat di bidang pembangunan informasi di Bangka Belitung.

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button