NEWS

Jelang Kedatangan Presiden Jokowi, Satpol PP Babel Tertibkan Tambang Ilegal

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan aktifitas Tambang Inkonvensional (TI) yang beroperasi di kawasan Parit Enam, Kelurahan Bacang, Pangkalpinang.

Penertiban dipimpin langsung Kasat Pol PP Babel, Yamowa Harefa, setelah menerima pengaduan dari masyarakat.

“Penertiban ini dilakukan karena sebentar lagi akan ada Pak Presiden Joko Widodo yang akan datang ke Babel,” ungkap Yamowa, di lokasi penertiban, Sabtu (14/4/2018).

Menurutnya, kawasan Parit Enam yang dijadikan area penambangan berdekatan dengan komplek Perkantoran Pemprov Babel dan Bandara Depati Amir.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah daerah melalui Satpol PP memastikan area-area yang berdekatan dengan fasilitas umum harus bebas dari TI.

Yamowa menegaskan akan terus memantau kegiatan penambangan ilegal tersebut pasca penertiban. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak adanya aktifitas serupa di tempat yang sama.

Pihaknya tidak akan mentolerir terhadap penambang yang masih beroperasi.

“Kami akan melakukan patroli khusus di daerah ini. Jika masih membandel maka kami akan melakukan penangkapan pelaku tambang ilegal tersebut,” tegasnya.

Kegiatan penertiban berlangsung lancar. Para personel Satpol PP terpantau turun ke lokasi yang berada di tengah kolong dan bukit pasir setinggi 10 meter.

Dari lokasi tersebut, mereka mengamankan peralatan tambang, yang terdiri dari mesin diesel dan pompa pasir.

Penulis : Yudi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button