NEWS

520 Peserta dari 18 Negara Ikuti Sungailiat Triathlon

Lensabangkabelitung.com, SUNGAILIAT – Sebanyak 580 peserta dari 18 negara termasuk Indonesia akan mengikuti event Sungailiat Triathlon 2018, Sabtu (21/4/2018) mendatang. Sungailiat Triathlon akan memperlombakan 3 kategori yaitu Long Distance (1,9 KM renang 90 KM sepeda 21,1 KM lari), standar distance (1,5 KM renang, 40 km sepeda, 10 KM) dan spirit (750 M, renang 20 KM sepeda 5 KM lari).

Adapun rincian peserta Long Distance sebanyak 41 orang, standar distance 221 orang, standar distance relay 42 orang (14 tim) dan spirit distance 216 orang. Rute yang bakal dilewati peserta yakni Pantai Tanjung, Pesona Puri Tri Agung dan Pantai Air anyir serta jalan utama Kota Sungailiat,

Dalam jumpa pers yang digelar di Pantai Tanjung Pesona, Kamis (19/4/2018), Teddy Sudarsono selaku Asisten Bupati mengatakan Sungailiat Triathlon adalah even sport tourism yaitu berwisata dipadu dengan olahraga renang bersepeda dan lari yang berlokasi di Kota Sungailiat. Untuk lintasan lomba menonjolkan keindahan alami yakni area yang diusulkan menjadi KEK pariwisata di Kabupaten Bangka.

Pemkab Bangka, lanjut Teddy, telah menyelenggarakan kegiatan Sungailiat Triathlon sejak tahun 2013 sampai dengan sekarang dan tahun ini merupakan tahun ke-6.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Kota Sungailiat yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Bangka secara global turut mensukseskan capaian target kunjungan wisatawan secara nasional,” jelasnya

Menurut Teddy, kegiatan Sungailiat triathlon mendapat respon yang cukup baik dari komunitas triathlon di Indonesia dan berbagai negara bahkan tag line Sungailiat Triathlon adalah “Lebarannya penggiat triathlon se-Indonesia karena telah dianggap agenda wajib tahunan dan ajang silaturahmi penggiat triathlon di Indonesia”.

Asep Setiawan selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka mengatakan, dalam event ini Pemkab Bangka menggandeng CV Maharani selaku EO. “Untuk anggaran sendiri Pemkab Bangka menganggarkan di APBD tetapi lebih kecil dari tahun sebelumnya,dimana dananya digunakan untuk Hadiah, biaya marshal dan publikasi, selebihnya ditanggung oleh pihak EO,” katanya. 

Untuk kesiapan Sungailiat Triathlon, menurut Agung selaku Event Organizer (EO) dari CV Maharani sudah mencapai 99 persen, mulai dari kelengkapan lomba, perizinan, sampai dengan koordinasi di lapangan dengan tim damkar.

“Untuk saat ini sudah sekitar 30 persen sudah mulai datang dan sudah melakukan persiapan. Peserta sudah disambut oleh panitia yang ada di Bandara Depati Amir Pangkalpinang,”jelasnya. 

Untuk hotel, dikatakan Agung memang ada kendala, karena hotel di Sungailiat sudah penuh, jadi 40 persen peserta lainnya harus menginap di hotel yang ada di Pangkalpinang.

“Untuk hotel kami agak kelabakan, karena hotel di Sungailiat terbatas, jadi sebagian ada yang harus menginap di hotel Pangkalpinang,”jelas Agung. 

Thomas Djusman selaku tuan rumah menyambut baik event Sungailiat Triathlon. “Event ini adalah lintas sinergi, saya minta pers memberikan dukungan yang optimis bagi event ini,”harapnya.

Sementara itu Indra Uno salah satu peserta Sungailiat Triathlon yang merupakan kakak kandung Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta mengaku salut dengan event ini, karena dibandingkan dengan daerah lain pelaksanaannya lebih baik dan layak bagi pemula sampai yang sudah profesional. 

“Saya sangat mengapresiasikan peningkatan kwalitas dari tahun ke tahun,untuk safetynya, mulai dari pengamanan di dalam air dan jalur yang tersambung sehingga membuat nyaman peserta, untuk di sepeda juga pengaturan lalu lintasnya baik, yang memungkinkan peserta aman dan nyaman dan untuk lari pelayanannya semakin meningkat, pada siang hari panas pelayanan keselamatan dari segi kesediaan es berlebih untuk mendinginkan tubuh peserta. Saya sebagai peserta sangat puas, semoga tahun ini keamanan dan kenyamanan tetap menjadi yang utama dan ditingkatkan,”harapnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button