NEWS

Satu Orang Ditetapkan Tersangka Pembalakan Liar di Gunung Maras

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Polres Bangka menetapkan satu orang tersangka kasus pembalakan liar di Hutan Konservasi Kawasan Taman Nasional Gunung Maras Belinyu. Sunar, warga Air Ruay, Kecamatan Pemali ditetapkan sebagai tersangka dari sebelas orang yang sebelumnya sempat diamankan polisi.

Kabag Ops Polres Bangka Kompol S. Sophian saat dikonfirmasi Kamis (1/3/2018) menjelaskan, ‎pihaknya hanya menetapkan satu orang tersangka dalam kasus tersebut.

Menurutnya, 10 lainnya yang terdiri dari supir mobil truk yang mengangkut kayu tersebut tidak mengetahui perihal lahan yang ditebang pelaku itu masuk kedalam kawasan hutan.

“‎Karena saat digrebek dishut dan polhut, para supir ini sedang menunggu surat jalan dan mobilnya dalam keadaan parkir,”katanya.

Selain itu, lanjut dia, berdasarkan keterangan sejumlah supir, kayu yang akan diangkut tersebut atas perintah tersangka Sunar, warga Air Ruay, Pemali. Sejumlah sopir yang sebelumnya diamankan sejauh ini dijadikan saksi dan tidak dilakukan penahanan.

“Sudah kita tuangkan dalam bentuk laporan polisi dan disitu ada yang kita tetapkan satu orang yang menyuruh melakukan itu menjadi tersangka, “katanya.

Terkait dengan barang bukti, sampai saat ini kayu hasil penebangan dihutan konservasi tersebut diamankan di Mapolres Bangka berikut 9 unit truk yang dijadikan sebagai alat untuk mengangkut kayu tersebut. 

Disinggung soal pengajuan pinjam pakai, kata Kabag Ops hingga saat ini belum ada pihak yang mengajukan pengajuan pinjam pakai atas 9 unit mobil truk yang diamankan. “Belum ada pengajuan pinjam pakai, jadi untuk saat ini barang bukti masih ada di Polres Bangka,”katanya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button