NEWS

Rustamsyah Puji Peningkatan Jumlah Peserta MTQ di Kabupaten Bangka

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangka Rustamsyah melontarkan pujian atas semakin meningkatnya jumlah para peserta Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di Kabupaten Bangka. Setiap tahun, para kafilah mengalami peningkatan secara kuantitas.

“Dari sisi kuantitas peserta, sangat penting karena para peserta merupakan anak-anak dan remaja, yang nantinya akan menjadi generasi penerus, khususnya dalam mensyiarkan Islam melalui membaca Al Qur’an,” kata Rustamsyah, ketika membuka MTQ Tingkat Kecamatan Pemali, Senin malam (5/3/2018), di Masjid Nurul Ihza Desa Karya Makmur.

Dalam sambutannya, Rustamsyah mengungkapkan kebanggaannya. Menurutnya, peningkatan jumlah peserta berdampak pada upaya pelestarian dan memperkuat syiar agama. Saat ini, banyak anak-anak yang sudah dapat dan fasih membaca Al Qur’an. Hal itu merupakan harapan yang membahagiakan bagi para orang dan umat Islam secara umum.

Ia mengharapkan, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Pemali dapat melahirkan qori dan qoriah yang mengharumkan Bangka pada MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dahri Oskandar menjelaskan, MTQ untuk mendukung Pemkab Bangka dalam program memberantas buta baca tulis Al Qur’an. Selain itu, untuk lebih menghidupkan Al Qur’an di tengah masyarakat.

“Juga untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda berprestasi dalam baca tulis Al Qur’an melalui peningkatkan iman dan taqwa. Sekaligus mencari qori dan qoriah terbaik dari kecamatan Pemali untuk mengikuti MTQ di tingkat Kabupaten Bangka,” ujar Oskandar.

Melalui rilis yang dikirimkan oleh Pemkab Bangka, MTQ yang dijadwalkan berlangsung sejak tanggal 5 hingga 9 Maret 2018 ini, diikuti peserta dari enam desa. Mereka mengikuti cabang yang dilombakan meliputi tilawah, hifzil Qur’an, fahmil Qur’an, syahril Qur’an dan khottil Qur’an.

Sebelum dilakukan pelantikan dewan hakim dan juri oleh Camat Pemali Putra Jaya, kegiatan pembukaan diwarnai tausiyah KH Hizazi Jemain, serta lantunan nasyid.

Penulis : Realise Pemkab Bangka/Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button