NEWS

Panwaslu Harap Media Beritakan Berita Berimbang Soal Pilkada

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Corri Ihsan meminta kepada media agar memberikan berita berimbang kepada setiap pasangan calon (paslon) di Pilkada. 

Hal itu dikatakan Corri, pada Rapat Dalam Kantor (RDK) dengan tema “Etika Pemberitaan dan Keterbukaan Informasi dalam Berita Pilkada”, Kamis (8/2/2018) di Sekretariat Panwaslu Bangka. 

Menurutnya apa yang diberitakan dan apa yang harus disampaikan media terkait Pilkada 2018 menjadi hak media itu sendiri. 

“Tapi intinya tidak ada informasi yang tidak konfirmasi ke kami. Panwas akan sampaikan aturannya apa, sanksinya apa. Ketika masyarakat baca ada sanksinya jadi jangan macam-macam,” ujar Corri.

Corri menilai peran media selama ini sudah cukup baik dengan memberitakan berbagai kegiatan panwas dan pilkada 2018.

Mantan Ketua Bawaslu Babel, Zul Terri Apsupi mengatakan RDK adalah salah satu media untuk membangun antara penyelenggara pemilu dengan semua stakeholder.

“RDK membangun keterbukaan informasi dan membangun keterbukaan informasi ke semua stakeholder,” jelas Zul Tery.

Dia berharap media dapat menjadi mata dan telinga bagi pengawas dalam hal pilkada dan bukan sebaliknya.

“Media menjadi kontrol sosial misalnya dalam kasus bagi uang, bagi beras dalam pilkada dan jika ada media sosial paslon yang berlebihan,” katanya.

Rusdiar selaku Ketua KPID Babel mengatakan, media harus menyampaikan informasi baik dan benar kepada masyarakat lebih luas lagi.

“Intinya pemberitaan sesuai aturan PKPU. Harus berimbang, jangan salah satu diberitakan terus yang lain tidak. Itu akan jadi masalah. Tetap harus ada keberimbangan dan etika jurnalistik tidak boleh mencela pasangan lain,” jelasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button