NEWS

LO Paslon Trampil Protes Baleho Pemkab Bangka Diturunkan Panwas

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Liaison Officer (LO) pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tarmizi Saat dan Amri Cahyadi (Trampil) mempertanyakan penurunan baleho program strategis milik Pemkab Bangka yang dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Bangka dan Satpol PP, Selasa (20/2/2018).

Azam selaku LO Paslon Trampil mempertanyakan dasar penurunan baleho tersebut, karena menurutnya masih banyak baleho dari pasangan lain yang tidak diperlakukan sama.

“Kami pertanyakan mengapa bisa baleho tersebut diturunkan, dasar penurunannya itu apa,itu yang ingin kami ketahui. Kenapa baleho program strategis Pemkab Bangka yang diturunkan,”ungkap Azam, Selasa (20/2/2018).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panwaslu Bangka Corry Ihsan menjelaskan penurunan tersebut dilakukan kerena di baleho terpampang foto salah satu kandidat dalam hal ini Tarmizi saat.

“Kita mengacu kepada aturan PKPU nomor 4 Tahun 2017, yang mengatakan gubernur dan wakil gubernur, bupati, walikota yang menjadi pasangan calon dilarang memasang alat peraga kampanye yang menggunakan program pemerintah daerah selama masa cuti kampanye,”jelas Corry.

Corry memahami baleho tersebut sudah terpasang oleh pemerintah daerah sebelum ditetapkan, tetapi secara aturannya 6 bulan sebelum ditetapkan sebagai calon.

“Program program pemda ataupun kegiatan pemerintah daerah yang dikhawatirkan itu, menguntungkan salah satu pasangan calon atau merugikan salah satu pasangan calon dan kita berangkat dari hal itu,”jelas Corry.

Dia menambahkan sebelum penurunan baleho tersebut pihaknya terlebih dahulu telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Bagian Hukum Pemkab Bangka, Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka maupun Satpol PP Bangka.

Berkenaan dengan masih banyaknya atribut dari pasangan calon lain yang belum diturunkan oleh panwaslu, menurut Corry hal itu akan tetap ditertibkan, tetapi secara bertahap.

“Baleho paslon lain yang ada juga akan kami tertibkan, kami sudah melakukan pertemuan dengan panwascam, kami sudah intruksikan untuk menertibkan dan dimulai sore ini,”jelasnya.

Selama kegiatan kampanye, lanjut dia, Panwaslu Bangka akan melakukan penertiban secara periodik, tidak hanya terfokus pada satu hari dan akan dilakukan secara terus menerus.

“Kami akan mengumpulkan seluruh LO, kami akan jelaskan duduk persoalannya bahwa kita berangkat dari nol semua, tidak ada merasa diuntungkan dan tidak ada yang merasa dirugikan,” paparnya.

“Instruksi kami kepada panwascam silahkan ditertibkan tetapi dengan rapi, kita kembalikan ke pemda, pada saat pemasangan ini pada kegiatan kampanye pilkada, kita tertibkan itu dulu,begitu selesai, masih mau memasang baleho itu silahkan,” katanya.

“Dan intinya kami tidak serta merta langsung ambil sampai rusak yang terkait dengan program dan kegiatan yang menyangkut dengan foto paslon tidak diperbolehkan,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button