NEWS

Lima Investor Bakal Investasi Rp5 Triliun, Gubernur Erzaldi Beri Apresiasi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menyambut baik soal rencana investasi sebesar USD 500 juta atau setara Rp5 triliun oleh lima investor asing di Pulau Belitung. Senin, 26 Februari 2018 sore, Erzaldi berkesempatan menerima kehadiran lima investor asing tersebut, di ruang kerjanya, untuk mendengar paparan dan konsep yang disiapkan.

Kelima investor asing itu adalah Greaves dari Kanada, Ameenulahu Bin Abu Hameed dari Malaysia, Nazarisham Bin Muhamed Isa dari Singapura, Sinpraseuth Robert dari Australia dan Subramani dari India. Kehadirannya, ditemani Edi Kodri, salah seorang tokoh masyarakat dan pengusaha asal Belitung.

Kepada gubernur, para investor ini mengutarakan maksudnya yang ingin berinvestasi dengan tujuan menjadikan Pulau Belitung selevel dengan Maldives atau Maladewa yang terkenal di dunia berkat pariwisatanya.

“Terus terang, saya jatuh cinta dengan Belitung. Setelah survei dan berkunjung ke Belitung, pulau ini tak kalah indahnya dengan Maldives Islands,” kata Sinpraseuth Robert, pengusaha asal Australia keturunan Thailand, saat berbincang dengan Erzaldi.

Untuk mewujudkan niatnya, para pengusaha ini sudah berancang-ancang membangun resort mewah di Belitung dengan lokasi yang sudah disurvei sebelumnya.

Para investor, juga sudah merencanakan sejumlah pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang. Misalnya, pembangunan hotel, perumahan dan mega mall. Para investor ini akan membuat sebuah marina megah di Kawasan Tanjungpendam, dengan konsep mirip yang ada di Abu Dhabi dan Qatar serta seperti di negara-negara Amerika pada umumnya.

Kepada delegasi investor ini, Erzaldi mengatakan dirinya mengapresiasi atas hadirnya investasi dari mereka. “Kami akan membantu menyiapkan list-list apa saja yang bisa diinvestasikan juga di Bangka Belitung,” ujar Erzaldi.

Tak hanya itu, kebutuhan soal listrik, dikatakan Erzaldi segera disiapkan. “Untuk powerplan, saat ini kita sudah siapkan 10 megawatt di Belitung. Tinggal didistribusikan,” imbuhnya.

Kepada delegasi investor asing ini, gubernur juga menawarkan pilihan lain, berupa pembangunan pariwisata di kawasan Pulau Lepar dan Pulau Pongok dan sekitarnya yang ada di Bangka Selatan, menjadi semacam Gili Trawangan-nya Bangka Belitung. “Itu akses ke sana, bisa dari Bangka dan nantinya akan mudah juga dari Belitung,” ujarnya.

Penulis : Nico

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button