NEWS

Kades Se-Bangka Ikuti Bimtek Pengelolaan BUMDes di Solo

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Bangka mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) manajemen pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dimulai sejak 8 Februari sampai dengan 12 Februari 2018 di Solo, Jawa Tengah.

Wakil Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah, yang menghadiri kegiatan tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan bimtek bertujuan untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha ekonomi desa. Dengan adanya BUMDes, kata dia, maka bisa dimanfaatkan untuk pengembangan perekonomian desa.

Dalam pengembangan BUMDes tersebut juga dijelaskan tentang pembagian hasil usaha yakni disetor ke APBDes sebesar 30 persen, pengembangan usaha BUMDes sebesar 25 persen, komisaris, direksi, staf karyawan sebesar 15 persen, cadangan modal sebesar 10 persen, dana pendidikan dan kesehatan sebesar 10 persen dan badan pengawas sebesar 10 persen. 

Di Kabupaten Bangka, kata dia, juga telah dikembangkan berbagai BUMDes dimana ditekankan bahwa satu desa minimal harus mempunyai satu produk yang diunggulkan (One Village One Produk) sehingga bisa dikembangkan menjadi penghasilan dan perkembangan perekonomian masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Kejaksaaan Negeri (Kajari) Bangka Supardi, Ketua TP PKK Bangka, Hj. Mina, Wakil Ketua TP PKK Bangka, Suryani dan para kepala OPD Pemda Bangka.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button