NEWS

Jenis Pajak Ini yang Membuat PAD Pajak Samsat Bangka Over Target

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bakuda Provinsi Babel Unit Pelaksanaan Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPT Samsat) Kabupaten Bangka, dari sektor obyek pajak daerah mencapai Rp 71 miliar. Dari jumlah tersebut, pendapatan pajak Samsat Bangka mengalami over target. 

“Alhamdulillah untuk target pajak tahun 2017 over target, terpenuhi semuanya, dan sudah kami laporkan ke Pemprov Babel,” kata Rudi, di Sungailiat, Rabu (07/02/2018).

Dari target Rp 64,6 miliar, Samsat Kabupaten Bangka berhasil merealisasikan pendapatan sebesar Rp 7 miliar dari beberapa jenis pajak.

Menurutnya, untuk realisasi pajak yang masih cukup besar adalah untuk pajak air permukaan. Dari target Rp 830 juta dengan realisasi mencapai Rp 1.082.180.000. Realisasi ini didapatkan dari PT PLN Pembangkit Air Anyir, rata-rata membayar pajak mulai dari Rp 110 juta hingga Rp 120 juta per bulan.

Selain pajak air permukaan, jenis pajak lainnya yang menyumbang PAD sehingga melampui target adalah alat berat. Diakuinya, hingga kini operasional alat berat masih cukup tinggi di Kabupaten Bangka.

Dirinya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada manajemen PT PLN dan para pengusaha alat berat ikut berpartisasi dalam pembangunan, melalui kewajibannya dalam membayar pajak.

Dijelaskan Rudi, pada tahun 2017 lalu seluruh UPTD di bawah Bakuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diberikan target yang cukup besar oleh Pemprov Babel. Hal itu untuk menutup beberapa defisit anggaran yang terjadi di APBD Tahun 2017.

Akibat capaian pajak tahun lalu melebihi target, maka di tahun 2018 UPTD Samsat Kabupaten Bangka target pajak mengalami kenaikan signifikan, yakni Rp 72 miliar lebih atau sekitar 12,4 persen dari tahun sebelumnya.

“Tidak apa-apa, tanggung jawab yang diberikan kepada kami Insya Allah akan kami laksanakan,” ucap Rudi.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button