NEWS

Desa di Bangka Harus Tonjolkan Produk Unggulan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka (Dinsos Pemdes) Arman Agus, semua desa yang ada di Kabupaten Bangka harus mempunyai produk unggulan yang biasa dikenal dengan One Village One Product (OVOP).

“Potensi desa yang harus dikembangkan, dan harus bisa menjadi produk unggulan desa yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” jelas Arman Agus, Sabtu (17/2/2018).

Menurutnya potensi alam di Kabupaten Bangka sangat layak untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang ekonomis dan bisa menjadi andalan bagi masyarakat, salah satunya dengan memberdayakan potensi lokal yang ada di desa di Kabupaten Bangka.

Melalui kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangka, desa di Kabupaten Bangka harus menunjukkan produk unggulan masing-masing desa yang menjadikan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

“Seperti contoh 62 desa di Kabupaten Bangka, kita ambil desa Jurung dengan buah pinang, bisa dibuat jus, sirup, teh dan lainnya, bisa juga dibuat untuk kesehatan kulit juga, yang akan bekerja sama dengan dinas kesehatan. Pinang di Desa Jurung itu diberdayakan dan bisa dipotensikan menjadi sesuatu yang menghasilkan dan bisa bernilai ekonomis tinggi dan menjadi produk unggulan,” jelasnya.

Kedepan dengan potensi lokal yang ada di desa, bisa dimanfaatkan dan diberdayakan bisa melalui BUMDes.

“Kita harapkan peran BUMDes bisa menjadi peran penting untuk pemberdayaan masyarakat desa,” tutupnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button