NEWS

12 Desa di Bangka Sudah Penuhi Kebutuhan Beras Sendiri

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 12 desa di Kabupaten Bangka telah mampu memenuhi kebutuhan beras untuk masyarakat. Ke-12 desa tersebut adalah Banyuasin, Pangkalniur, Labu, Labuh Air Pandan, Payabenua, Kemuja, Kimak, Petaling, Zed, Rukam, Penagan dan Kota Kapur.

“Dari 16 desa ada sekitar 12 desa yang sudah dapat memenuhi kebutuhan desanya sendiri, karena hasil dari padi ladang dan padi sawah yang ada di desa masing-masing,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman Jum’at (2/2/2018) di OR Bina Praja Pemkab Bangka.

Menurut Kemas, dari 62 desa, selain 12 desa yang sudah bisa memenuhi kebutuhan sendiri, desa yang lain belum dapat memenuhi kebutuhan, karena hasilnya belum optimal.

“Selain belum mempunyai sawah mereka hanya mengandalkan padi ladang, sedangkan padi ladang setahun itu hanya satu kali tanam, sedangkan untuk padi sawah bisa kita optimalkan dua kali tanam,”jelasnya. 

Untuk menggenjot hal tersebut, ditambah dengan harga beras yang saat ini tinggi, Kemas menjawab,

“justru itu di 12 desa ini mereka tidak tahu harga beras mahal karena mereka tidak beli dan tidak menjual beras hasil panen, karena untuk memenuhi kebutuhan 1 tahun masing-masing keluarga mereka, tapi kalau masyarakat berkeinginan untuk membeli mereka pasti menjual,” ungkapnya. 

Untuk harga jual beras lokal masih relatif mahal, kata dia, kisarannya harga Rp12.000 sampai Rp.15.000 per kilonya. Sedanggkan, untuk kelas beras di pasaran beras baru ini kelasnya beras premium. 

“Tapi itulah yang berlaku di masyarakat, beras baru ini memang mahal karena produksinya masih sedikit, hasil panen mereka hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri dan sisanya masih sedikit artinya kalau sedikit suplai otomatis harganya mahal,”demikian Kemas.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button