NEWS

Talkshow Kebangsaan Soal Pancasila Digelar di Taman Mandara

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Pangkalpinang menggelar talkshow kebangsaan dengan tema “Atok, Bak kek Urang Mudek Ngomong Pancasila”

di Taman Mandara Pangkalpinang, Minggu (31/12/2017). Talkshow ini dihadiri oleh Ahmadi Sopian, Akhmad Elvian, Fauzan Azima dan Hudarni Rani.

Sejarawan, Akhmad Elvian mengatakan kemerdekaan Indonesia diraih dengan hasil perjuangan rakyat Indonesia. Setelah Jepang dikalahkan oleh negara sekutu.

“Setelah Jepang dikalahkan, penting negara membentuk sebuah Badan Penyelenggara untuk Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). ini yang menjadi dasar penyusunan kemerdekaan indonesia,” katanya.

Setelah mendapatkan pandangan kemerdekaan Indonesia, lanjut Elvian, Sukarno yang menjadi presiden pertama Indonesia. Penggagas Pancasila yang berarti Panca adalah Lima dan Sila adalah Sila. Jadi Pancasila adalah Lima Sila.

“1 Juni 1945 sebagai lahirnya Pancasila, sehingga menjadikan negara kita, Republik Indonesia, bukan kerajaan maupun monarki,” jelasnya.

Sedangkan dari pemuda yang diwakili oleh Fauzan Azima mengartikan Pancasila sebagai dasar negara yang kuat, sehingga rakyat Indonesia cinta perdamaian, walaupun berbeda agama, suku, ras dan warna kulit tapi di Indonesia tetap berdampingan.

“Tapi sekarang ini nilai nilai kebangsaan, sudah mulai menyimpang. Padahal Pancasila tidak pernah bergeser dari dulu.Pancasila ini bukan untuk dihafal atau diresapi saja. Tapi bagaimana Pancasila kekinian, kita berkerjasama membentuk karakter generasi muda menjadi patriotisme.

“Ini merupakan kegiatan yang pertama, ditengah malam pergantian tahun, di Indonesia menyegarkan talkshow kebangsaan tentang Pancasila, yaitu di Taman Mandara Pangkalpinang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini turut dimeriahkan penampilan penyanyi tunanetra, Asep Ngerang lewat sejumlah lagu yang ia bawakan.

Penulis : Yudi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button