NEWS

2018, Proyek Infrastruktur Bangka Dipastikan Berkurang

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bangka tahun 2018 mendatang dipastikan lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan dana alokasi khusus (DAK) yang dikucurkan menurun drastis.

Demikian dikatakan Panca Pujayadi, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perumahan Kabupaten Bangka, Kamis (21/12/2017).

Menurut dia, ada Rp 34 miliar khusus untuk pembangunan jalan, pembangunan spam cipta karya ada Rp 8 miliar dan pembangunan irigasi Rp 5 miliar. 

Sementara dari dana APBD, tambahnya, rata-rata untuk pembangunan proyek kecil mengingat keuangan terbatas.

“Ada masuk Rp 46,2 miliar dana daba untuk pembangunan infrastruktur jalan tapi itu tergantung provinsi,” kata Panca.

Panca menerangkan, biasanya dana DAK diperoleh minimal Rp 100 miliar, sekarang menurun drastis hanya Rp 34 miliar.

“Kelihatannya ini tergantung keuangan pusat, bukan kita saja tapi terjadi seluruh Indonesia. Keuangan banyak di infrastruktur besar jadi banyak disedot kesitu sehingga ke daerah kurang. Memang infrastruktur besar banyak dibangun seperti bandara dan jalan tol,” jelasnya.

Untuk APBD, ditambahkannya sangat kecil apalagi menghadapi pilkada akhirnya untuk pembangunan agak kecil jadi hanya paket-paket kecil yang dilaksanakan.

“Paket kecil seperti jalan tanah puruh dengan nilai Rp 200 juta. Kalau pengaspalan dari DAK. Masyarakat harus tahu informasi ini, jangan sampai terkejut,” pungkasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button