NEWS

Perairan Teluk Kelabat Segera Dibersihkan dari Tambang Timah Ilegal, Polda Babel Kerahkan Tim Gabungan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Penertiban tambang timah ilegal yang beraktivitas di Perairan Teluk Kelabat akan segera dilakukan. Saat ini Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan personel untuk melakukan penertiban.

Penegasan akan dilakukan penertiban tambang Teluk Kelabat disampaikan langsung oleh Kepala Biro Operasi (Karo-Ops) Polda Bangka Belitung Kombes Pol Pontjo Soediantoko kepada wartawan, Selasa, 2 November 2021.

“Penertiban yang akan dilakukan dengan mengedepankan persuasifnya dulu. Ini sesuai dengan kebijakan dari Kapolda. Penindakan preventif baru nanti dilakukan dan disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada,” ujar Pontjo.

Berdasarkan rapat kesepakatan bersama gubernur dan Forkopimda, kata Pontjo, kawasan perairan Teluk Kelabat harus bersih dari segala aktivitas tambang ilegal.

“Penertiban tambang ilegal Teluk Kelabat ini akan melibatkan tim gabungan personel dari Polda Bangka Belitung, Polres Bangka Barat, Polres Bangka, Lanal dan TNI,” ujar dia.

Pontjo menambahkan penambang akan diberikan lokasi alternatif sesuai dengan kebijakan forkopimda. Area pertambangan khusus yang diberikan kepada penambang, kata dia, adalah lokasi baru dan tidak masuk dalam Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button