NEWSPANGKALPINANG

BMKG: Berpotensi Hujan Lebat, Kota Pangkalpinang Berstatus Siaga

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang berpotensi hujan lebat sehingga berstatus siaga untuk banjir. Status siaga untuk Kota Pangkalpinang ini dberlakukan selama dua hari, yakni 5 – 6 November 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji menjelaskan, selain Kota Pangkalpinang, beberapa wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki status siaga adalah Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Belitung. Sedangkan untuk status waspada adalah Bangka Barat, dan Belitung Timur.

“Sesuai informasi prakiraan cuaca berbasis dampak bahwa hingga Sabtu, 6 November pukul 07:00 WIB wilayah Pangkalpinang memang ditetapkan pada status Siaga dampak hujan lebat trhadap banjir dan genanangan,” jelas Kuniaji saat dihubungi Lensabangkabelitung.com Jumat, 5 November 2021.

Dikatakanny, status siaga Kota Pangkalpinang diakibatkan karena di permulaan musim kemarau yang terjadi saat ini, dan kondisi Bangka Belitung diperkuat dengan adanya gangguan cuaca skala makro, yakni La Nina. La Nina merupakan fenomena iklim global yang ditandai adanya anomali suhu muka air di Samudera Pasifik.

“Kondisi Bangka Belitung juga diperkuat dgn adanya gangguan cuaca skala makro berupa La Nina yg aktif, walaupun masih pada tingkat lemah serta gangguan cuaca skala lokal berupa sirkulasi tertutup di Kalimatan Selatan yang menyebabkan timbulnya belokan angin dan konvergensi di sekitar wilayah Bangka Belitung kemarin hingga 2 hari ke depan,” ungkap Kurniaji.

Dari dua gangguan ini selanjutnya akan meningkatkan potensi pembentukan awan-awan konvektif sehingga potensi turunnya hujan sedang-lebat menjadi cukup tinggi di seluruh wilayah Bangka Belitung hinga dua hari ke depan.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button