LENSA EKONOMINEWS

Bantu Produk UMKM Bangka Tembus Pasar Internasional, Bea Cukai Pangkalpinang Beri Pelatihan Ekspor

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada Pulau Bangka mengikuti pelatihan ekspor yang digelar oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea Cukai Tipe Madya Pabean (TMP) C Pangkalpinang.

Kepala KPP Bea Cukai Pangkalpinang Yetty Yulianti mengatakan pelatihan ekspor tersebut merupakan salah satu upaya merevitalisasi ekspor UMKM untuk mendukung upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Untuk mewujudkannya semua pihak dan instansi terkait perlu bekerja sama dan mendorong peningkatan kapasitas UMKM, khususnya yang berorientasi ekspor,” ujar Yetty dalam sambutannya pada kegiatan ekspor yang digelar di Hotel Cordella Pangkalpinang, Rabu, 24 November 2021.

Yetty menuturkan kegiatan tersebut merupakan program inovasi Klinik Ekspor Bea Cukai dalam melakukan asistensi dan memberikan pendampingan mulai dari perencanaan hingga proses bisnis yang akan dilaksanakan.

“Tujuannya adalah untuk memberikan solusi terkait dengan proses bisnis sehingga eksportir diharapkan dapat melaksanakan kegiatan ekspor secara maksimal dan tanpa kendala,” ujar dia.

Salah satu peserta pelatihan ekspor, Suminaisih dari perusahaan CV Babel Ekspor mengatakan pelatihan tersebut dinilai tepat guna membantu produk UMKM bersaing di pasar internasional. Selain itu, kata dia, pelatihan itu juga diharapkan menciptakan UMKM yang orientasi ekspor dimana pada awalnya hanya melakukan penjualan lokal, bisa meningkatkan pasar hingga pasar internasional.

“Pelatihan ini juga memberikan kemudahan pemahaman bagi pelaku UMKM dalam memahami ketentuan di bidang ekspor serta tahapan-tahapan yang perlu dilakukan,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button