NEWS

Bambang Patijaya Kembali Terpilih Pimpin DPP Gemabudhi, Ini Harapan Menko PMK

Lensabangkabelitung.com, Jakarta – Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2021 DPP Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) yang berlangsung Sabtu-Minggu, 20-21 November 2021 di Jakarta, secara aklamasi kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan organisasi kepada Bambang Patijaya. Ini menjadi periode kedua bagi tokoh muda kelahiran Bangka ini untuk memimpin DPP Gemabudhi.

Munas DPP Gemabudhi dibuka dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Indonesia dibangun dengan semangat persatuan. Tanpa persatuan tidak ada Indonesia. Dengan semangat spiritual keagamaan yang kita miliki, kita akan bisa mencapai cita-cita leluhur bangsa kita dalam menciptakan persatuan dan kesatuan,” ucap Menteri Muhadjir Effendi saat mewakili Presiden Joko Widodo dalam Munas DPP Gemabudhi itu.

Di Munas DPP Gemabudhi yang mengangkat tema ’Merajut Integritas Berbangsa dan Bernegara Melalui Spiritual Budhis yang Berkebudayaan’, Menko PMK juga mengajak seluruh umat khususnya para Generasi Muda Buddhis Indonesia untuk terus menyuarakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Bahwasanya, setiap umat beragama harus meyakini apa yang diajarkan oleh agamanya dan seyogianya menghormati serta menghargai ajaran juga keyakinan yang dianut oleh umat beragama lain.

“Kita harus punya kesadaran yang mendalam tentang kebenaran agama kita, tapi di saat ada orang lain yang juga meyakini agamanya, di situlah titik toleransi, titik di mana nilai spiritual keagamaan kita bisa menciptakan perdamaian, kesatuan, dan persatuan bangsa,” ujar Muhadjir.

Menko PMK berharap kegiatan Munas DPP Gemabudhi menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi kemajuan organisasi dan masyarakat beragama pada umumnya. Selain itu, menjadi titik tolak kesinambungan dan perkembangan pergerakan Gemabudhi khususnya.

“Dalam suatu organisasi, konsolidasi dan ekspansi harus berjalan seimbang. Seperti upaya kita dalam menangani Covid-19 juga harus seimbang antara penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi,” tuturnya.

Oleh sebab itu, ia pun mengapresiasi semangat dan upaya Generasi muda Buddhis Indonesia di bawah kepemimpinan Bambang Patijaya yang ikut bahu-membahu menangani Covid-19. “Saya mengucapkan terima kasih atas darmabakti semua umat Buddhis yang telah bersama-sama pemerintah dalam menangani Covid-19,” ujarnya.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button