NEWS

Bupati Bangka Natak Kampung, Tinjau Sawah Banyuasin

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bupati Bangka H. Tarmizi Saat melakukan natak kampung dengan meninjau persawahan Desa Banyuasin serta melakukan pertemuan dengan warga Dusun Bernai Desa Berbura Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, Selasa (16/1/2018). “Alhamdullilah subur tumbuh padinya, panen ini, paling hari Kamis lah kita panen padi ini,” ungkap bupati.

Pada kesempatan ini, ia juga menyempatkan diri untuk mencoba mesin perontok bulir padi dari tangkainya di persawahan Banyuasin yang luasnya mencapai 50 hektar.

Menurutnya dengan misi visi pertanian yang tangguh, diharapkan keberadaan persawahan di beberapa desa bisa memberikan kontribusi untuk meningkatkan dan membantu ketahanan pangan terutama padi sawah dan ladang.

“Kita harapkan Kabupaten Bangka bisa swasembada pangan beras, dengan adanya sawah dan ladang padi di beberapa desa di kita, seperti Banyuasin, Pangkaniur, Saing, Tanah Bawah, Kemuja dan lainnya,” katanya.

Dengan fokus pada sektor pertanian, Kabupaten Bangka diharapkan bisa maju pertaniannya, bukan hanya pada sektor pertanian sawah dan ladang, namun juga perkebunan lainnya seperti lada, kelapa sawit, karet dan jenis tanaman jangka pendek, menengah dan panjang juga sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka.

“Berkebun sawah ini sudah merupakan bagian dari masyarakat Bangka, jadi jangan sekali-sekali meninggalkan bidang pertanian ini, orang dulu, pergi ibadah haji, umroh sampai menyekolahkan anak dari hasil berkebun, bertani ini,” katanya. 

Kedepan, dengan melihat, dan terjun langsung ke tengah masyarakat, bupati berharap dirinya bisa melihat kondisi rill masyarakat.

“Seperti hari ini, kita lihat persawahan dan kita ingin apa keluhannya, dan sampaikan langsung sehingga kita bergerak dan mencari solusinya,” katanya.

Natak kampung yang dilakukan Bupati Bangka tak terbatas hanya melihat masyarakatnya di desa dan kota saja, melainkan juga dilakukan di daerah persawahan, perkebunan, hutan dan lainnya.

“Kita bisa lihat dengan natak kampung seperti biasa atau bisa dengan kegiatan lainnya seperti offroad juga, sambil berolahraga, sehingga kita tahu apa yang terjadi, semoga apa yang kita lihat ini dan bertemu dengan masyarakat, dapat memberikan motivasi untuk masyarakat kita, sehingga Bangka semakin maju dan mampu bersaing dengan kabupaten lainnya,” harapnya. 

Pada kegiatan Natak kampung kali ini bupati melakukan peninjauan persawahan desa Banyuasin Kecamatan Riau Silip yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman, Camat Riau Silip Tony Ali dan Penyuluh pertanian, Bustaman serta beberapa staf dari Desa Banyuasin.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button