NEWSPANGKALPINANG

Siswi SMP 2 Pangkalpinang Wakili Indonesia di Olimpiade Sains Dunia, Molen: Kami Bangga Padamu, Refa

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Refa Nurrantiawati, siswi kelas IX SMP Negeri 2 Pangkalpinang, berhasil masuk ke kejuaraan dunia sains. Anak pertama pasangan Fauzi dan Renti Heriani itu, akan bertarung kemampuan di ajang yang bernama resmi The 18th International Junior Science Olympiad (IJSO) 2021, itu.

Senin, 4 Oktober 2021, Refa dengan ditemani oleh orangtua, kepala sekolah, komite sekolah, dan guru SMP Negeri 2 Pangkalpinang, diterima oleh Wali Kota Maulan Aklil.

Ajang The 18th International Junior Science Olympiad (IJSO) 2021, yang diikuti Refa, akan dilangsungkan di Uni Emirat Arab. Namun, sebelum mengikuti kejuaraan itu, Refa akan ditempa lagi kemampuannya selama dua bulan di Bandung, Jawa Barat.

Kemampuan Refa, terdeteksi dimulai dari ajang Kompetisi Siswa Nasional (KSN) jenjang SMP tingkat Kota Pangkalpinang, dan dia keluar sebagai juara pertama. Kemudian, dia juga mampu berprestasi lagi di ajang yang sama di tingkat nasional. Atas kemampuannya itu, bersama lima pelajar lainnya se-Indonesia, Refa akan dikirim ke ajang The 18th International Junior Science Olympiad (IJSO) 2021, tersebut.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menyatakan rasa bangganya atas prestasi yang ditorehkan Refa. Apalagi, ternyata menurut Vesri Verawaty, guru yang membimbing Refa di bidang fisika, sepanjang berdirinya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ini adalah pertama kalinya siswi dari Babel bisa menembus olimpiade sains tingkat dunia.

“Luar biasa kami bangga dan berdoa untuk Refa menjadi juaranya. Terima kasih kepada orang tua, guru, dan Diknas beserta komite sekolah yang telah menangani Refa hingga seperti ini,” ucap Molen, nama sapaan Wali Kota Pangkalpinang.

Kepada Refa, yang berangkat ke Bandung hari itu, Molen juga menitipkan bekal uang tunai senilai Rp5 juta untuk digunakan selama berada di sana.

“Jaga kesehatan, kerja keras, kami doakan Refa menjadj juara. Membawa nama harum Kota Pangkalpinang dan Provinsi Babel. Luar biasa, kami apresiasi, selamat Refa,” ujar Molen.

Tak lupa, Molen juga berharap ada kabar bahagia lanjutan dari Refa dalam keikutsertaannya di olimpiade sains tersebut.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button