BANGKA SELATANNEWS

Puluhan Mahasiswa Pesisir Penerima Beasiswa Mitra PT Timah Tbk Ikuti Sharing Session

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Puluhan mahasiswa dari daerah pesisir penerima beasiswa dari mitra PT Timah Tbk mengikuti pembinaan dan sharing session yang dilaksanakan Tim Bangka Selatan Hame-hame bergerak (Baher) dan Yayasan Abdi Negara Cendikia (ANC).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Daerah Kabupaten Bangka Selatan pada Kamis, 14 Oktober 2021 itu dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, Direktur Universitas Terbuka (UT) Hasmonel, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sumadi, dan Koordinator Tim Baher Anshori.

Debby mengatakan, pembinaan dan sharing session merupakan tindak lanjut MoU Universitas Terbuka (UT) dengan yayasan Abdi Negara Cendikia (ANC) kepada 25 anak pesisir penerima beasiswa yang baru memulai kuliah.

“Ada 25 anak yang mendapatkan beasiswa dari mitra PT Timah yang disalurkan oleh Tim Baher dan Yayasan ANC. Hari ini mereka pembinaan arahan terkait dengan akan dimulainya kegiatan belajar jarak jauh di Universitas Terbuka,” kata Debby.

Ia menuturkan, melalui CSR mitra Timah, Tim Baher sangat berkomitmen untuk membantu anak-anak di pesisir Toboali yang kurang mampu yang berprestasi dengan program beasiswa kuliahnya yang diberikan. Dan semoga program beasiswa mitra Timah ini bisa meluas hingga ke daerah pesisir lainnya yang ada di kabupaten Bangka Selatan.

“Untuk saat ini beasiswa diberikan kepada anak pesisir yang ada di Kecamatan Toboali. Tapi untuk kedepannya akan coba diakomodir untuk kita berikan peluang yang sama kepada anak-anak pesisir di kecamatan-kecamatan lain dan akan kita usahakan artinya harus ada berkeadilan,” ujar dia.

Direktur Universitas Terbuka (UT) Pangkalpinang, Hasmonel mengatakan, sebagai upaya meningkatkan SDM di Bangka Selatan, beasiswa kuliah yang diberikan oleh mitra PT Timah ini sangat singkron dan sesuai dengan program Provinsi Bangka Belitung yakni satu rumah satu sarjana.

“Dengan program yang saling dukung mendukung ini pemerintah kabupaten Bangka Selatan cepat meningkatkan sumber daya manusia, dengan meningkatnya SDM tentunya pembangunan di segala bidang dapat cepat bergerak,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan Tim Baher, Iswanto mengatakan, beasiswa yang diberikan Tim Baher kepada anak pesisir di Universitas Terbuka (UT) sudah sebanyak 42 orang, diantaranya 25 orang yang di MoU hari ini sedangkan 17 orang lainnya bantuan biaya semester.

“Bantuan yang kami berikan beragam dan sesuai kebutuhan. Saat ini kita masih fokus di wilayah Toboali, jadi 80 persen untuk anak pesisir Toboali dan 20 persen di wilayah Toboalinya. Dan untuk wilayah kecamatan-kecamatan lain saat ini belum, namun untuk kedepan jika ada dana-dana yang masuk insyaallah akan kami akomodir,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button