BELITUNGLENSA POLITIKNEWS

PTSL dan eks Tambang Menjadi Fokus Utama Hellyana dalam Reses di Desa Lasar

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Anggota DPRD Bangka Belitung, Hellyana telah melaksanan reses sidang pertama 2021 ini di tiga lokasi berturut-turut di Pulau Belitung.

Terakhir, reses berlangsung di lokasi Desa Lasar Kecamatan Membalong. Kepada Hellyana, warga menyampaikan permasalahan apa saja yang sedang terjadi di Desa Lasar. Di antaranya, beberapa warga melaporkan lahan eks tambang yang tidak terurus.

“Masyarakat meminta kalau bisa lahan-lahan eks tambang tersebut bisa digunakan oleh masyarakat,” ungkap Hellyana, Jumat, 15 Okotober 2021.

Terkait lahan eks tambang yang terbengkalai tadi, menurut Hellyana, pihaknya akan berkoordinasi dengan komisi III yang membidangi pertambangan untuk menanyakan hal tersebut ke pihak PT Timah Tbk.

“Terkait lahan yang ada di desa lasar, apakah akan diserahkan ke masyarakat atau mereka kelola sendiri,” ujarnya.

Selain itu, terkait PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, menjadi permasalahan utama yang ditemukan.

“Iya, masyarakat desa Lasar mengharapkan status lahan yang mereka gunakan baik sebagai pemukiman maupun lahan perkebunan memiliki kepastian hukum hak atas tanah tersebut,” tambahnya.

Kedua persoalan lokal di atas dinilai paling banyak disampaikan, dia berharap kedepan permasalahan-permasalahan di atas dapat diselesaikan.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button