BANGKA BARATNEWS

Masyarakat Babar Wajib Download Aplikasi PeduliLindungi Untuk Akses Pelayanan Publik

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama mengatakan masyarakat akan diwajibkan untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi untuk bisa mengakses pelayanan publik. Hal tersebut, tercantum dalam surat edaran Bupati Bangka Barat termasuk di dalamnya wajib telah melakukan vaksinasi.

“Itu edaran kan dibuat untuk sebagai upaya strategi kita untuk mencapai realisasi vaksin di Babar. Sesuai dengan amanat yang ada di peraturan presiden nomor 14 tahun 2021. Jadi yang disasar itu adalah layanan-layanan publik,” kata Sidarta Gautama, Rabu, 29 September 2021.

Sidarta menjelaskan, pelayanan publik yang diberlakukan tidak hanya yang ada dalam ruang lingkup pemerintahan daerah saja, tetapi juga termasuk sektor pelayanan yang dilakukan pihak swasta seperti perbankan. Mulai 1 Oktober, dikatakan Sidarta akan dipersyaratkan untuk memiliki sertifikasi vaksin yang ditunjukkan melalui aplikasi PeduliLindungi seperti di beberapa daerah lain.

“Dan sudah ada juga edaran dari gubernur yang minta kepada bupati untuk barcode di layanan publik. Artinya bahwa gubernur juga mensyaratkan itu bagi pelayanan publik dan juga program bantuan pemerintah kepada kelompok-kelompok masyarakat,” katanya.

Melalui aplikasi PeduliLindungi, sudah bisa diakses melalui barcode yang telah disediakan di tempat layanan publik termasuk pelabuhan Tanjung Kalian sudah bisa menggunakannya.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone, bisa menunggu kartu vaksin yang telah dicetak secara manual. PeduliLindungi ini adalah aplikasi induk penanganan Covid-19. Pada aplikasi PeduliLindungi juga ada fungsi khusus tracking dan tracing yang berkaitan dengan aplikasi SiLacak.

“Kami menyampaikan untuk masyarakat sama sekali belum vaksin untuk segera mengunjungi gerai yang kita siapkan. Karena banyak manfaat bukan hanya melindungi diri tapi juga pelayanan dasar publik. Kami juga sudah sosialisasi dan edaran akan kami tempel di tempat keramaian,” ujar Sidarta Gautama.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button