BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Kapal SPOB Seagull 351 Bermuatan BBM Terbakar di Perairan Pulau Gelasa

Lensabangkabelitung.com, Koba – Kapal jenis SPOB Seagull 351 bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) diduga terbakar setelah mengeluarkan asap hitam tebal saat melintasi perairan Pulau Gelasa, Bangka Tengah, Jumat (29/10/2021).

Kapal dengan Anak Buah Kapal (ABK) berjumlah 17 orang tersebut sedang mengangkut 3.200 Ton BBM dengan tujuan Pelabuhan Pangkalbalam.

Kasat Polairud Polres Bangka Tengah, Iptu Eddy syuaedi seizin Kapolres Bangka Tengah AKBP Risya Mustario, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Menurut Eddy, Kapal SPOB Seagull 451 mengeluarkan asap hitam mengepul ditengah laut, di sekitar perairan Pulau Gelasa Bangka Tengah sekitar pukul 11.30 WIB. Pada saat itu Polairud Bangka Tengah mendapat telpon dari Badan Nasional Pencairan dan Petolongan (Basarnas) Bangka Tengah bahwa ada Kapal yang diduga terbakar.

“Kami mendapati telepon dari basarnas jika ada kapal di perairan Pulau Gelasa mengeluarkan asap hitam tebal seperti terbakar, kemudian mendapati adanya laporan tersebut kami segera bergegas dan berkoordinasi melalui Potsar Radio 115 Pangkal Balam untuk meminta bantuan kapal terdekat, serta menuju lokasi kapal yang dimaksud, setelah diperiksa kapal mengalami masalah engine,” ujar Eddy.

Dikatakan Eddy, saat kejadian didapat informasi bahwa Kapal KM Express Bahari 3E juga turut melintas perairan Pulau Gelasa tersebut.

“Kami juga turut berkoordinasi dengan Nahkoda Sat Polairud melalui KSOP meminta untuk mendekati lokasi dan memastikan informasi kebakaran tersebut,” ungkapnya.

Eddy menjelaskan setelah dilaksanakan pemantauan dan pemeriksaan bersama Nahkoda KM Express Bahari 3E, menyampaikan bahwa kapal tersebut tidak terjadi kebakaran akan tetapi asap yang mengepul dari anjungan kapal adalah asap yang berasal dari cerobong kapal.

“Setelah diperiksa ternyata kapal SPOB Seagull 351 itu rodak terbakar, melainkan sedang mengalami trouble engine, sehingga mengeluarkan asap yang berlebihan seperti terbakar. Untungnya kejadian itu tidak sampai memakan korban jiwa,” ujar dia.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button