BANGKA BARATNEWS

Gara-gara Sport Hall, Pemda Bangka Barat Mulai Belajar untuk Berhutang

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Di tahun 2021, Pemerintah Daerah Bangka Barat (Pemda Babar) mulai berencana untuk berhutang demi menutupi kebutuhan keuangan yang saat ini sedang dilakukan refocusing sebab pandemi Covid-19.

Rencana peminjaman jangka menengah ini, seperti yang dikatakan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Abimanyu, nanti akan diperuntukkan penyelesaian proyek pembangunan sport hall yang saat ini sudah berjalan.

“Karena memang kita ada bangunan yang harus diselesaikan, yaitu Sport Hall. Secara prinsip kita sudah komitmen antara pemerintah daerah dan DPRD itu harus diselesaikan,” kata Abimanyu, Senin, 18 Oktober 2021.

“Pinjaman itu bukan sesuatu yang tidak diperbolehkan, artinya dalam aturan pun dibolehkan, cuma ada hal-hal yang harus kita kaji dahulu terkait kemampuan pembayaran dan apakah menguntungkan atau tidak,” katanya menambahkan.

Abimanyu menyampaikan, peminjaman ini merupakan alternatif paling memungkinkan sebab perlu waktu dan dana cepat. Jumlah yang akan dipinjam nanti dikatakan Abimanyu sebesar Rp42 miliar.

Abimanyu menjelaskan, untuk pihak yang akan dijadikan peminjam masih dalam kajian dari sisi suku bunga dan berbagai hal lainnya. Dua alternatif yang akan dijadikan sasaran peminjam adalah PTSMI dengan kisaran suku bunga tujuh persen dan Bank Sumsel Babel sebesar sepuluh persen.

“Belum pernah meminjam (sebagai alternatif keuangan) sebelumnya, ini yang pertama,” demikian Abimanyu.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button