BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Fokus Cegah Stunting, Pemkab Bangka Tengah Gencar Lakukan Sosialisasi

Lensabangkabelitung.com, Koba – Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman meminta semua sektor untuk fokus menekan angka stunting di Negeri Selawang Segantang. Dalam upaya percepatan pencegahan dan penurunan stunting, saat ini gencar sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan menunda pernikahan dini.

“Stunting ini adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan lokus stunting ini ditemukan kasusnya di Kabupaten Bangka Tengah, sehingga berbagai upaya sudah kita lakukan, salah satunya memberikan sosialisasi,” ungkap Algafry kepada wartawan, Selasa, (26/10/2021).

Algafri menjelaskan stunting tidak boleh dibiarkan karena akan berdampak serius, diantaranya bisa menyebabkan tubuh anak berbadan pendek, kemampuan berfikir lemah, dan mudah terserang penyakit.

“Karena hal ini disebabkan oleh masalah yang multi komplek, sehingga dalam penanggulangannya memerlukan penanganan yang serius oleh semua pihak baik segmen kesehatan maupun semua sektor terkait, dengan pola penanganan faktor spesifik (langsung) maupun sensitif (tidak langsung),” ujar dia.

Algafry menuturkan pihaknya melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) gencar melakukan sosialisasi dan membantu menggerakkan masyarakat tentang betapa bahayanya stunting dan faktor penyebabnya.

“Semua yang terkait saya perintahkan untuk terlibat begerak, yang mana tidak hanya terbatas di sektor kecil, tapi semua penunjang, termasuk di bidang pendidikan, di mana kita turut mengajak teman-teman yang belum atau putus sekolah untuk kembali bersekolah, kemudian juga dari segi pertanian dan lainnya,” ucapnya.

Algafry menambahkan pihaknya juga meminta masyarakat untuk turut bergerak karena persoalan tersebut tidak hanya tergantung dari sektor kesehatan, tetapi juga keseluruhan.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button