NEWS

Empat Dokter di Babel Dikabarkan Terima Kelebihan Pembayaran Insentif

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya kelebihan pembayaran insentif tenaga kesehatan atau nakes di beberapa provinsi di Indonesia. Di Bangka Belitung sendiri dikabarkan ada empat tenaga kesehatan yang menerima kelebihan bayar.

Nakes yang menerima kelebihan pembayaran insentif tersebut berdasarkan informasi yang diterima wartawan diduga berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Belitung Timur, Puskemas UPT Puskemas Gantung Kabupaten Belitung Timur, Puskemas Sungailiat Kabupaten Bangka dan Puskesmas Benteng Kabupaten Bangka Tengah.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Bangka Belitung Rudi Mahardi mengatakan nakes yang menerima kelebihan pembayaran insentif tersebut kemungkinan berasal dari dokter perbantuan Kemenkes melalui program internship.

“Itu dikarenakan dokter program internship ini langsung dari Kemenkes. Pembayaran insentif langsung ke rekening dokter yang bersangkutan. Tidak melalui kita,” ujar Rudi saat dihubungi wartawan, Rabu, 27 Oktober 2021.

Dokter program internship tersebut, kata Rudi, ditugaskan selama sembilan bulan di Bangka Belitung sebagai upaya meningkatkan kemahiran usai melaksanakan co-ass atau program asistensi profesi dari mahasiswa kedokteran.

“Makanya untuk pembayaran insentif tidak terlaporkan kepada kita. Saya juga cek ke kabupaten kota dan tidak ada persoalan dengan pembayaran insentif nakes di Bangka Belitung,” ujar dia.

Sumber pendanaan insentif nakes, kata Rudi, biasanya berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Hasil pengecekan, kata dia, pembayaran insentif nakes Bangka Belitung sudah clear dan tidak ada persoalan lagi.

“Jadi secara global begitu persoalannya. Intinya kalau di kita pembayaran insentif nakes dari DAK maupun DAU semua sudah clear. Temuan BPK atas kelebihan bayar insentif nakes dari Kemenkes itu jadi kewenangannya Kemenkes,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button