NEWSPANGKALPINANG

Dukung Ekonomi Kreatif, Pemkot Akan Dorong dan Fasilitasi Digital Platform

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Digitalisasi saat ini menjadi salah satu kunci penting untuk memajukan pariwisata ekonomi kreatif. Apalagi, di situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Pendekatan teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah dampak pandemi Covid yang sangat memukul industri ini,” kata Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, ketika membuka Pelatihan Digitalisasi: Branding, Pemasaran dan Penjualan pada Desa Wisata, Homestay/Pondok Wisata, Kuliner, Souvenir, Fotografi Kota Pangkalpinang di Hotel Bangka City, Selasa, 26 Oktober 2021.

Dikatakannya, inovasi transformasi digital dalam industri pariwisata menghasilkan banyak peluang yang dapat dioptimalkan oleh berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah. “Adanya pandemi Covid-19 kembali mengingatkan bahwa digitalisasi bisa sangat berperan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekraf,” ujarnya.

Dengan melakukan adaptasi di masa pandemi melalui inovasi di bidang teknologi digital dan kolaborasi dengan mitra yang tepat, maka bisnis tetap berjalan, denhan tetal melakukan penjualan dan mendapatkan pemasukan.

Hal ini dilakukan sesuai dengan kebijakan yang berlaku, seperti reservasi, pembelian tiket dan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik.

“Pemerintah maupun pelaku usaha dapat berkolaborasi dengan pihak swasta di bidang teknologi, seperti membuat atau memfasilitasi platform digital untuk marketplace maupun payment,” ungkap Radmida..

Dirinya berharap agar pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola destinasi serta daya tarik wisata agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung pemasaran pariwisata.

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button