NEWS

BPK Temukan Soal Kelebihan Bayar, Begini Kondisi Pembayaran Insentif Nakes di Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis menemukan adanya kelebihan pembayaran insentif tenaga kesehatan atau nakes dalam penanganan kasus Covid-19.

Berdasarkan database usulan insentif tenaga kesehatan per tanggal 19 Agustus 2021, BPK menemukan kelebihan pembayaran nilai insentif yang dibayarkan kepada 8.961 nakes senilai Rp 84.588.811.629.

Sekretaris Dinas Kesehatan Bangka Belitung Rudi Mahardi mengatakan pihaknya sudah mengetahui adanya informasi soal kelebihan bayar insentif nakes di banyak wilayah di Indonesia. Namun dia memastikan untuk Bangka Belitung tidak ada persoalan.

“Kalau kelebihan bayar di Bangka Belitung tidak ada. Kita sudah di provinsi, baik itu di RSUP atau di Dinkes semuanya sudah clear,” ujar Rudi kepada wartawan, Minggu, 24 Oktober 2021.

Sedangkan untuk kabupaten dan kota, Rudi mengaku belum tahu karena belum mendapatkan laporan. Namun,kata dia, setiap ada persoalan biasanya kabupaten dan kota selalu melaporkan permasalahan yang dihadapi.

“Kalau tidak melapor, berarti sepertinya tidak ada persoalan. Hingga Agustus kemarin sepengetahuan kami semuanya sudah clear di kabupaten kota,” ujar dia.

Sedangkan terkait tunggakan pembayaran dari Kementerian Kesehatan, Rudi juga memastikan bahwa hal tersebut sudah clear. Meski di Agustus pihaknya mendapat pressure dari Kemenkes dan Kemendagri, namun sekarang tidak ada persoalan lagi.

“Agustus kemarin kita memang dipress oleh Kemenkes dan Kemendagri. Tapi itu hanya persoalan keterlambatan penganggaran. Kalau sekarang sudah selesai,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button