LENSA POLITIKNEWS

Batal Direalisasi Tahun Ini, TPA Regional Kembali Dimasukkan dalam Propemperda 2022

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Rancangan perda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional atau tempat pembuangan sampah berskala besar di Bangka Belitung akan diwujudkan dalam Bapemperda tahun depan.

Sebelumnya ranperda TPA akan direalisasikan tahun 2021 ini. Rencana itu sesuai dengan program pembentukan peraturan daerah (propemperda) 2021, namun belum dapat diaktualisasikan dengan alasan kendala teknis.

Pembahasan di atas disampaikan oleh Ketua Bapemperda DPRD Bangka Belitung, Nico Plamonia Utama saat rapat propemperda bersama sepuluh instansi di antaranya Dinas PUPR, DPMPTSP, Bappeda, Bakuda dan lainnya, di Ruang Banmus, Senin 18 Oktober 2021.

“Masih ada tersisa satu ranperda yang 2021 ini tidak mungkin dibahas lagi yaitu ranperda TPA Regional,” ujar Nico.

Lebih menarik lagi, menurutnya ranperda TPA ini akan dipercepat pembahasannya mengingat masa jabatan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman akan berakhir Mei 2022.

“Masa jabatan gubernur kita masa jabatannya sampai tahun depan maka akan ada beberapa hal dipercepat masa sidang kedua di awal tahun nanti tentang ranperda menjadi prioritas,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga memasukkan pengelolaan keuangan daerah masuk ke dalam ranperda 2022. Sebelumnya juga, ranperda ini masuk propemperda 2021 yang tidak bisa diaktualisasi tahun ini menimbang keterbatasan waktu.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button