BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KESEHATANLENSA POLITIKNEWS

Banyak Masalah Sosial Tapi Kurang Peka, Pemkab Basel Disarankan Belajar Lagi ke Sleman dan Bekasi

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Ketua Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selaran, Wendy meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih peka terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Ia mengatakan, tingkat permasalahan sosial di Bangka Selatan sekarang cukup tinggi dan kondisi masyarakat di masa pandemi sekarang dalam kesusahan. Untuk Ia meminta terutama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, pemberdayaan masyarakat dan Desa untuk memiliki kepekaan yang lebih tinggi dengan hal tersebut.

“Banyak yang kami temukan di lapangan, masyarakat miskin yang tidak mendapatkan akses sosial yang baik terutama bidang kesehatan dikarenakan data yang tidak terverifikasi dengan valid di lapangan,” kata Wendy, Selasa, 12 Oktober 2021.

Ia mengaku sangat miris dengan fakta yang ditemukan di lapangan dan belum adanya solusi yang bisa diberikan oleh pemerintah daerah dalam menangani hal tersebut.

“Di daerah kabupaten/kota yang kita studi banding, sudah menjamin seluruh warganya dalam hal kesehatan baik itu kaya maupun miskin. Hal ini berbanding terbalik dengan Bangka Selatan yang mana penduduk yang miskin pun masih banyak yang belum bisa mengakses jaminan kesehatan dengan gratis,” ujar dia.

Wendy menyarankan agar dinas terkait dapat belajar dengan Kabupaten Sleman dan Kota Bekasi yang dianggap paling baik selama melakukan studi banding di Dinas Sosialnya.

“Kami harapkan pemda basel harus lebih cepat dan serius dalam menyelesaikan permasalahan ini di tahun 2022. Dan Dinsos bisa belajar sistem maupun cara penganggarannya kabupaten Sleman dan kota Bekasi bisa menjadi rujukan yang kami anggap paling baik selama kami studi banding di dinas sosialnya,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button