LENSA POLITIKNEWS

Sebelum Finalisasi, Pansus Arsitektur Meninjau Rumah Mayor Cina dan Masjid Jamik Muntok

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Bangunan bersejarah Bangka Belitung, yakni Rumah Mayor Cina dan Masjid Jamik Muntok dijadikan titik peninjuan lapangan oleh DPRD Babel melalui Tim Pansus Arsitektur Bangunan Berciri Khas Serumpun Sebalai. Diketahui kedua bangunan tersebut merupakan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah daerah.

“Hari ini kita berkunjung ke dua tempat untuk menelusuri terutama mengingat kota Muntok yang sangat tua masih meninggalkan arsitektur. Di mana pola atau bentuk bangunan keduanya berkembang pada masa itu berpaduan antara Cina, Melayu, dan Eropa,” ujar Ketua Pansus, Mansah, di Muntok, Rabu, 8 September 2021.

Dikatakannya, periodisasi Rumah Mayor Cina dan Masjid Jamik berdiri di masa yang sama. Sebab, menurut pihaknya ditemukan lantai yang ada Rumah mlMayor dan di Masjid Jamik memiliki kesamaan, sedangkan menurut penyampaian warga setempat lantai tersebut diimpor dari Perancis.

Selanjutnya, Mansah menjelaskan kedua bangunan tersebut merupakan bukti otentik bahwa pada masa itu terjadi alkulturasi dari beberapa suku dan budaya. Dia mencontohkan arsitektur yang melekat di bangunan masjid terdapat Melayu Kalimantan pada lisplang, Melayu Palembang pada atapnya, dan bangunan Eropa pada column doric-nya.

Lebih jauh, usai peninjaun dia menjelaskan pihaknya bukan mengadopsi arsitektur bangunan dimaksud, namun untuk membandingkan bahwa bangunan yang didirikan pada kisaran tabun 1830-an itu berkembang sangat dipengaruhi budaya saat itu, dan tidak ditemukan berciri khas Serumpun Sebalai.

“Artinya, ketika kita ingin meningkatkan arsitektur Serumpun Sebalai dalam pembahasan ini perlu ada konsensus bersama, ketika kita ingin menetapkan ini menjadi perda dengan mengedepankan ciri khas Serumpun Sebalai artinya tidak salah memunculkan hal-hal yang baru di luar yang berkembang, karena yang berkembang pada tahun 1830 masa itu hasil paduan atau alkulturasi budaya,” jelasnya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button