NEWS

Rekomendasi Tim Konsolidasi, PT LSM Diizinkan Kembali Bekerja di Teluk Kelabat Dalam

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Hasil kerja selama 10 hari tim konsolidasi penanganan pertambangan di Perairan Teluk Kelabat Dalam sudah menetapkan berbagai keputusan, terutama kelanjutan nasib PT Lautan Sarana Mendirikan (LSM) untuk kembali bekerja.

Ketua Tim Konsolidasi Penyelesaian Pertambangan Teluk Kelabat Dalam, Komisaris Besar Haryo Sugihartono mengatakan hasil rapat koordinasi memutuskan PT LSM bisa kembali bekerja di Perairan Teluk Kelabat Dalam.

“Kita memberikan rekomendasi untuk yang masuk wilayah hukum Kabupaten Bangka, PT LSM sudah bisa beroperasi. Kebetulan IUP-nya ada bersebelahan dengan IUP PT Timah yang ada di Batu Dinding,” ujar Haryo kepada Lensabangkabelitung, Senin, 6 September 2021.

Sedangkan untuk lokasi yang masuk wilayah Kabupaten Bangka Barat, Haryo yang juga Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung itu menegaskan bahwa hal tersebut tidak dapat dibenarkan karena tidak ada legal standing yang menetapkan hal tersebut.

“Titik koordinat yang ada sudah benar dan sudah diperkuat. Namun hanya pengawasan di lapangan saja terhadap pertambangan yang dilakukan PT LSM. Jadi tidak lagi beralasan terbawa angin atau tidak tahu koordinatnya,” ujar dia.

Haryo menuturkan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung akan turun langsung membantu pengawasan segala kegiatan pertambangan di Perairan Teluk Kelabat Dalam.

“Dengan ada perbantuan dari Ditpolairud mulai minggu kemarin, sesuai dengan yang sudah kita rapatkan, kegiatan pertambangan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bangka Barat kedepannya tidak dapat dibenarkan lagi,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button